× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Desa Rejoagung, Bondowoso, Desa Vanili Pertama di Indonesia

By Redaksi
Penanaman Vanili Desa Rejoagung - Tribrata News

Desa Rejoagung Kecamatan Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, menjadi desa pertama di Indonesia yang mendapat sebutan Desa Vanili. Peluncuran Desa Vanili perdana bertema “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Budidaya Vanili” di Balai Desa Rejoagung dilakukan Ketua Umum Perkumpulan Petani Vanili Indonesia (PPVI) Rudi Ginting. Hadir dalam peluncuran tersebut, Camat Sumber Wringin, Supardi, dan sejumlah perangkat daerah lainnya.  Peluncuran ini bertujuan meningkatkan perekonomian Desa Rejoagung melalui budidaya vanili yang sangat bernilai ekonomis.

Peluncuran Desa Vanili diisi program edukasi budidaya vanili. Sebanyak ± 800 orang dari 13 (tigabelas) kampung/dusun ikut hadir dengan antusias. Edukasi dilakukan dua hari untuk mengantisipasi kapasitas ruangan balai desa yang terbatas. Desa vanili merupakan sebutan untuk desa yang masyarakatnya membudidayakan vanili sebagai tanaman jangka panjang bernilai ekonomis. Selain tanaman holtikultura, warga desa juga menanam vanili di pekarangan rumah atau lahan tidur milik mereka. Adapun bibit diberikan oleh PPVI.

Menurut Rudi, masyarakat Sumber Wringin sudah mendapat banyak manfaat dan keuntungan dari pertanian vanili. Luas kebun vanili warga jika ditotal dari jumlah penduduk yang menanam, lebih kurang 3 hektar. Luasan ini, tambah Rudi, lebih luas dibanding kebun yang ada di kecamatan lain. “Karena dalam prosesnya melibatkan masyarakat, secara berangsur-angsur masyarakat lain akhirnya ikut menanam di kebun maupun di pekarangan masing-masing,” jelas Rudi.  

Peluncuran desa vanili ini juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya pada saat Rakernas perdana PPVI bulan Desember 2018 dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]