× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Desa Kemiren Asri Binaan Pertamina Sukses Ekspor Jamur Krispi

By Redaksi
Budidaya Jamur di Desa Kemiren. Foto : Pertamina.

Kelompok Kampung Ekonomi Kreatif (Kemiren Asri) berhasil meningkatkan kesejahteraan warganya lewat ragam program pemberdayaan ekonomi masyarakat. Program Binaan Pertamina Refinery Unit IV Cilacap ini bahkan berhasil mengekspor makanan hasil produksi rumahan mereka hingga ke Hong Kong dan Malaysia.

Sebelum mengembangkan usaha makanan produksi rumahan berbahan dasar jamur, masyarakat Desa Kemiren Asri di Kelurahan Tegalkamulyan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menghadapi persoalan kesehatan. Warga desa ini punya catatan gizi buruk dan kurang nutrisi pada 2017.

Awalnya, bantuan peningkatan fasilitas posyandu berhasil membantu untuk mengawasi perkembangan anak. Kenyataannya tak hanya cukup dengan itu. Masih ada kebutuhan penunjang serta PMT (pemberian makanan tambahan) kepada balita guna menurunkan angka gizi buruk di sana.

Melihat ini, Pertamina berinisiatif memberikan bantuan budidaya Jamur yang hasilnya digunakan untuk bahan dasar olahan PMT setiap bulannya.

Selain itu,  cukup banyaknya masyarakat Kelurahan Tegalkamulyan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah yang masih buta aksara, mendorong salah seorang penggerak masyarakat setempat, Rumdani Prapti Sumiwi memberantas buta aksara.

Jamur Crispy curah, sebelum dikemas dalam kemasan kecil. (GATRA/Ridlo Susanto/ft)

Rumdani bersama Pertamina menggagas sebuah program dengan membentuk Kelompok Keaksaraan Fungsional. Melalui metode belajar membaca dan menulis resep masakan, 21 ibu-ibu Kelompok Keaksaraan Fungsional tersebut kini sudah menjadi kepala kelompok kegiatan pemberdayaan Kemiren Asri.

Ada 13 kelompok kegiatan dengan ragam usaha yang mampu meningkatkan perekonomian desa di Tegalkamulyan. Terdiri dari Kelompok Posyandu, Pos PAUD, Kelompok Budi Daya Jamur, Kelompok Budi Daya Cacing, Kelompok Budi Daya Lele, Kelompok Budi Daya Bebek, Kelompok Jamu Tradisional, Kelompok Pupuk Organik, Kelompok Produksi Telur Asin, Kelompok Kebun Gizi, Kelompok Keaksaraan Fungsional, Kelompok Patra Asri Handycraft, dan Koperasi Kemiren Asri Mandiri.

Ketua Pengurus Koperasi Asri Mandiri Rumdani Prapti Sumiwi mengatakan, pengembangan Kelompok Kemiren Asri melalui perjalanan yang panjang. Dalam perjalanan panjang itu lah muncul semangat masyarakat yang ingin mandiri dan sejahtera.

“Alhamdulillah saat ini kelompok kegiatan Kemiren Asri terus melalukan inovasi. Tahun ini kami sudah memiliki Koperasi sebagai bagian dari penggerak ekonomi masyarakat,” ujar Rumdani, Rabu (23/10/2019). Di tengah teknologi yang terus maju, pihaknya memaksimalkan kreativitas mengkreasikan produk dari olahan budidaya yang dikelola, seperti olahan jamur.

Rumdani mengtakan produk yang dihasilkan dari kelompok tersebut memuaskan. Bahkan berkat jaringan pertemanan yang dia miliki, produk jamur krispi hasil olahan ibu-ibu Kelompok Kemiren Asri berhasil dijual hingga ke Hong Kong dan Malaysia.

Tercatat, hingga saat ini Kemiren Asri dapat memberikan dampak positif pada peningkatan ekonomi. Rata-rata setiap kelompok kegiatan Kemiren Asri dapat menghasilkan omzet sekitar Rp 7.000.000 per bulan.

Di pihak lain, Unit Manager Communication & CSR Pertamina Cilacap, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan, kunci sukses program Kemiren Asri  menjadi desa mandiri dengan menerapkan sinergitas kelompok kegiatan yang punya mata rantai, dari produksi hingga pemasaran. Alhasil dengan begitu, produksi mereka sangat kompetitif. “Seperti dengan adanya Kelompok Budidaya Jamur yang memanfaatkan 180 Kg limbah Baglog per tahun, sekarang dengan pemanfaatan limbah tersebut bisa digunakan sebagai media untuk budidaya cacing sehingga kegiatan zero waste (tidak ada sisa terbuang) dapat 100% dimanfaatkan,” cetusnya

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]