× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Desa Binaan PGN di Batam Punya Taman Bacaan

By Redaksi
Dok. PGN

Jakarta – Majalahcsr. Minat baca masyarakat Indonesia dikatakan Emil Salim masih minim. Padahal menurutnya dengan membaca, pengetahuan seseorang akan lebih luas.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang energi melakukan social mapping di Desa Binaan PGN Kelurahan Tembesi, Batam. Hal ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik tiap-tiap daerah dan untuk mengetahui kebutuhan dan potensi masyatakat daerah tersebut.

PGN dengan melibatkan masyarakat bersama-sama membuat kelembagaan masyarakat. Sebuah kelembagaan ini yang menjadi wadah musyawarah para stakeholder desa/kelurahan termasuk PGN dan penggerak ekonomi desa/kelurahan.

Dok. PGN

Selain itu, pelatihan-pelatihan serta penyuluhan-penyuluhan juga diberikan kepada warga untuk dapat menciptakan desa/kelurahan yang mandiri dan memiliki kualitas lingkungan yang baik.

Kemudian yang menjadi salah satu program perluasan manfaat Desa Binaan yang diperoleh dari social mapping adalah dengan menambah fasilitas umum bagi warga masyarakat sekitar. PGN bekerjasama dengan Kelompok Perempuan Kreatif Mandiri (KPKM) yang merupakan kelompok masyarakat binaan PGN, mendirikan taman bacaan dan rumah baca di Tembesi Tower, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Batam.

Peresmian taman bacaan dan rumah baca di Tembesi Tower ini dilaksanakan oleh Division Head CSR PGN yang diwakili oleh Depatemen Head CSR PGN, Camat Sagulung dan Lurah Tembesi. Acara peresmian ini juga dihadiri oleh warga masyarakat Kelurahan Tembesi dan perwakilan anak-anak perusahaan PGN yang ada di Batam.

Anak Agung Raka mengatakan pendirian taman baca dan rumah baca di Tembesi Tower ini merupakan langkah PGN untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar wilayah tersebut.

Dok. PGN

“Melalui taman bacaan dan rumah baca ini, kami ingin menumbuhkembangkan minat baca di kalangan masyarakat khususnya anak-anak di sekitar wilayah Kelurahan Tembesi karena kita semua tahu bahwa buku adalah jendela dunia,” ujar Agung, seperti yang dikutip dari rilis, Senin (30/4).

Dengan memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses terhadap bacaan yang bermutu, diberharapkan masyarakat sekitar khususnya anak-anak bisa meraih cita-cita yang lebih tinggi.

Selain mendirikan taman bacaan dan rumah baca, PGN juga terus berkomitmen untuk mendorong pengembangan potensi masyarakat sekitar melalui program Desa Binaan PGN. Di Kelurahan Tembesi, pengembangan masyarakat dilakukan di 3 lokasi, yaitu di Tembesi Tower, Kampung Tanjung Gundap dan Pulau Lance.

Berbagai pelatihan dan penyuluhan diberikan kepada warga agar secara aktif terlibat dalam pengembangan potensi masyarakat sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kelurahan Tembesi.

Dok. PGN

Program Desa Binaan PGN sendiri telah dilaksanakan sejak tahun 2016 di sekitar wilayah operasional PGN, terutama di Desa/Kelurahan sekitar Offtake Station PGN. Di tahap awal, PGN telah mengembangkan 4 Desa Binaan yang masing-masing berlokasi di Kelurahan Tembesi, Batam di sekitar wilayah Offtake Station Panaran; Desa Pagardewa, Muara Enim, di sekitar wilayah Offtake Station Pagardewa; Desa Sriminosari, Lampung Timur.

Di sekitar wilayah Offtake Station Labuhan Maringgai; dan Desa Teluk Terate, Serang. Kemudian di sekitar wilayah Offtake Station Bojonegara

 

Keywords: , ,

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]