× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Deret Apresiasi Apresiasi Greenfields untuk Para Petani

By Redaksi
Salah satu kegiatan kemasyarakatan yang dilakukan Greenfields untuk mendukung warga petani di sekitar kawasan operasional. Foto : hendik/duta.co

MajalahCSR.id – Pada 24 September yang lalu, kita baru saja memperingati Hari Tani Nasional. Penetapan Hari Tani Nasional dilakukan oleh Presiden Soekarno sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Kepres RI) No. 169 tahun 1963. Walaupun Hari Tani Nasional sudah berlalu, tidak ada salahnya kalau kita tetap mengingat dan mengapresiasi jasa para petani Indonesia yang bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Antara lain, membeli produk-produk yang dihasilkan para petani Indonesia. Banyak produk seperti kopi, nasi, buah dan sayuran bermerek lokal yang merupakan hasil kerja keras para petani Indonesia. Dengan membeli produk lokal, kita juga mendukung para petani Indonesia.

Greenfields, produsen susu dan produk olahan olahan susu saat ini memiliki dua peternakan di Jawa Timur, Farm 1 berada di Babadan dan Farm 2 di Wlingi. Kedua peternakan Greenfields ini terletak di sekitar lahan kerja para petani setempat, membuat aktivitas Greenfields sangat dekat dengan para petani.

Greenfields sangat menghargai kerja keras para petani di sekitar peternakan dan berusaha membantu mereka untuk dapat maju bersama. Peternakan Greenfields menghasilkan Pupuk Organik Cair (POC) dari manure sapi-sapinya dan POC ini dimanfaatkan oleh para petani di sekitar peternakan.

Greenfields bekerja sama dengan 758 petani dari 7 dusun di sekitar peternakan. Saat ini, lebih dari 700 hektar lahan petani yang memanfaatkan POC dari Greenfields untuk mempupuk rumput odot. Rumput ini dibeli oleh Greenfields untuk pakan sapi.

Setiap harinya, para petani menggunakan lebih dari 2.000 m³ POC untuk lahan mereka. Greenfields juga membagikan POC perkebunan kopi di sekitar Greenfields Farm 2. Sebanyak 1000m3 POC dari Greenfields dimanfaatkan setiap untuk membantu menyuburkan lahan kopi seluas 500 hektar.

Selain berkontribusi untuk para petani, Greenfields juga melakukan berbagai kegiatan CSR di desa-desa sekitar Farm 2: Ngadirenggo, Tegalasri, Balerejo, Tembalang, Plumbangan dan Sumber Urip.

Berikut adalah kegiatan CSR yang telah dijalankan Greenfields selama bulan Agustus:

Program Kesehatan:

  • Donasi paket berupa susu telur dan biskuit bagi warga, anak-anak berkebutuhan gizi dan masyarakat yang membutuhkan pembagian sembako di Desa Balerejo dan Sumber Urip, untuk 60 kepala keluarga di masing-masing desa.

 Program Infrastruktur:

  • Program air bersih dengan 274 paralon di desa Tegalasri.

Program Kemasyarakatan:

Partisipasi Greenfields pada kegiatan 17 Agustus di setiap desa, berupa:

  • Sumbangan hadiah lomba voli dan sumbangan susu untuk kegiatan kerja bakti dan kegiatan yang diinisiasi Desa Ngadirenggo.
  • Sumbangan cat jalan dan susu untuk Desa Tegalasri; sumbangan uang tunai yang dikelola Desa Balerejo untuk pembelian sembako yang dibagikan kepada warga isoman.
  • Sumbangan uang tunai yang dikelola Desa Plumbangan untuk pembelian sembako kepada masyarakat pasca isoman.
  • Perbaikan fasilitas olahraga di Desa Tembalang.

 Program Pendidikan:

  • Pendidikan nutrisi bagi siswa di setiap desa berupa sumbangan susu untuk Sekolah Dasar, Taman Kanak-Kanak, PAUD dan posyandu.

Program Keagamaan:

  • Bantuan susu untuk kegiatan keagamaan setiap minggu di Desa Tegalasri.

Greenfields akan melanjutkan kegiatan-kegiatan CSR agar bisa terus membantu petani dan masyarakat sekitar yang selama ini telah menyambut baik kehadiran Greenfields. Tidak hanya di Farm 2, Greenfields juga sudah menjalankan kegiatan CSR di Farm 1 sejak tahun 2011, termasuk:

Perbaikan / Perawatan Infrastruktur:

  • Perawatan jalan Kampung Baru Jambuwer – Masjid Maduarjo; Maduarjo – Precet
  • Perawatan gorong-gorong/saluran air hujan dari arah peternakan menuju kampung Dusun Maduarjo.

Kegiatan Sosial Kemasyarakatan:

  • Penanaman 100 pohon beringin dalam rangka penghijauan sumber mata air gunung, bekerja sama dengan LKDPH Madu Jaya Desa Babadan Ngajum
  • Bantuan perlengkapan Olahraga untuk Karang Taruna/Pemuda di sekitar peternakan.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]