× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Demo Farm pengembangbiakan Domba, Model Percontohan Beternak yang Baik  

By Redaksi

Bogor – Majalahcsr. Sejak kecil masyarakat di Indonesia sudah mengenal arti kata beternak. Namun cara beternak yang dilakukan masih sebatas pengetahuan yang turun temurun. Masih sedikit yang mempunyai pengetahuan beternak yang baik.

Cargill Feed  and Nutrition (CFN), unit bisnis Cargill di bidang pakan ternak yang memberikan solusi gizi untuk hewan- kembali menjalankan program Rural Development Campaign (RDC), dengan tema “Untuk Masa Depan Kita yang Lebih Baik”.  Wujud nyatanyamelalui pembangunan Demo Farm bagi pengembang-biakan Domba dan Kambing di daerah kampung Sasak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Nantinya pengelolaan Demo Farm ini dilakukan bekerjasama dengan Agroedu Jampang Community.

Program RDC telah dilakukan sejak tahun 2013 oleh CFN yang berfokus pada pembangunan desa lewat pengembangan kemampuan dan pelatihan beternak.  Program RDC pernah menerima penghargaan Social Business Innovation Award untuk kategori industri pakan ternak.

Peresmian Demo Farm Kambing dan Domba ini dilakukan oleh Business Development Director, Cargill Feed & Nutrition (CFN),  Totok Setyarto, bersama dengan MM-Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor,  Ir. Hj. Siti Farikah, yang juga dihadiri oleh Direktur Corporate Affairs PT Cargill Indonesia, Arief Susanto, para pegawai Cargill dan peternak Domba.

Program Rural Development lewat pembangunan Demo Farm lengkap dengan Domba jenis Domba Ekor Gemuk pejantan, induk betina dan bibit penggemukan yang dilengkapi dengan pakan. Pelatihan dan pendampingan disiapkan sebagai model bagi pelatihan Metode beternak yang baik, agar peternak maupun mereka yang ingin belajar beternak dapat memperkaya diri dengan pengetahuan terkini dan secara langsung dapat mempraktekkan  cara beternak yang unggul dan  baik

“Melalui pelatihan dan edukasi yang tepat, maka kualitas dan kuantitas produksi daging Domba dapat  lebih baik dan tentunya akan memberikan manfaat bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan para peternak,” ujar Totok, seperti yang dikutip dari rilis perseroan, Kamis (26/4).

Pembangunan kandang pembibitan dan penggemukan juga dilengkapi dengan 25 ekor Domba. Pakan juga disediakan, yaitu berupa hijauan dan konsentrat berisi Nutrisi komplit, mineral dan Vitamin yang mendukung Domba menghasilkan daging yang berkualitas, juga memberikan obat – obatan, vitamin dan alat cukur domba.

Pengelolaan Demo Farm ini selanjutnya bekerjasama dengan Agroedu Jampang Community, yang merupakan komunitas dengan fokus kegiatan melakukan pemberdayaan petani, serta program sosial bagi petani dan keluarganya. Komunitas ini juga berkomitmen mendidik generasi muda untuk mencintai pertanian dan nantinya tumbuh dan terinspirasi untuk menjadi peternak/petani.

Pengagas dan pendiri AgroEdu Jampang Community, Aditia Ginantaka menuturkan,program pemberdayaan petani dan peternak adalah salah satu fokus dan komitmen AgroEdu Jampang Community.

”Kami berterimakasih untuk dukungan ini dan berharap dapat terus mengembangkan kerjasama didalam memberdayakan petani dan peternak ini,” papar Aditia.

Demo Farm ini juga mendapat dukungan dari Dinas  Peternakan dan Pertanian Kabupaten Bogor. Kegiatan RDC ditiap wilayah memiliki perbedaan jenis ternak disesuaikan dengan kebutuhan di lokasi yang terpilih, diantaranya seperti Makassar (ayam petelur), Semarang (Burung Puyuh), Purwodadi (Ayam potong), Medan (Ikan Nila), Gunung Putri-Bogor (Sapi Perah), Surabaya (Domba), Serang (Ikan Lele), Cipageran (Sapi Perah).

Direktur Corporate Affairs PT Cargill Indonesia, Arief Susanto menyatakan bahwa Cargill senantiasa berupaya memberikan dukungan bagi kegiatan pemberdayaan dan peningkatan kualitas kehidupan komunitas sekitar.  Diharapkan pembangunan Demo Farm Sentra Domba ini mampu menginspirasi banyak pihak untuk bersama-sama berperan bagi peningkatan kualitas hasil peternakan dan tentunya kehidupan para peternak, sekaligus mendorong minat kaum muda untuk menjadi peternak.

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]