× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Demi Peningkatan Ekonomi Masyarakat, Kemsos Buat KUBE

By Redaksi
Dok. Kemsos

Bandung – Majalahcsr. Pemerintah terus mendorong masyarakat agar bisa berdaya dengan berbagai cara. Salah satunya dengan cara pemberdayaan masyarakat melalui pemberian modal usaha.

UHH Setditjen PFM – Direktorat Penanganan Fakir Miskin Perkotaan melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis Pelaksanaan Kelompok Usaha Bersama, membahas mengenai Pelaksanaan Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Tujuan KUBE yang merupakan salah satu program pemerintah yang ada pada Kementerian Sosial adalah memberdayakan masyarakat kurang mampu dengan pemberian modal usaha melalui program Bantuan Langsung Pemberdayaan Sosial (BLPS) untuk mengelola Usaha Ekonomi Produktif (UEP).

Dok. Kemsos

Rapat yang dihadiri oleh perwakilan dari 26 Kabupaten dan Kota yang berasal dari 15 Provinsi ini membahas beberapa hal. Diantaranya adalah program yang diprioritaskan oleh Direktorat Penanganan Fakir Miskin, Keluarga Harapan. Materi yang dipaparkan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin, M.O. Royani, juga membahas mengenai pentingnya pendataan fakir miskin yang belum masuk Basis Data Terpadu.

“Nantinya, penggunaan Basis Data Terpadu juga akan menjadi acuan mengenai pengadaan KUBE. Data untuk pengadaan KUBE ini sebelumnya telah di pre-list dan harus diverifikasi dan dimutakhirkan oleh kabupaten atau kota sebelum digunakan”, ujar Sekretaris Ditjen PFM, di Hotel Grand Savoy Homann Bidakara Bandung, seperti yang dilansir oleh website Kemsos, Kamis (08/03).

Dok. Kemsos

Adapun pengadaan KUBE harus mengacu pada Permensos Nomor 25 tahun 2015 tentang KUBE. Dalam aturan tersebut, dituliskan beberapa tujuan KUBE diantaranya adalah memberdayakan masyarakat miskin, mengembangkan pelayanan sosial dasar, meningkatkan pendapatan, meningkatkan kapasitas individu, dan meningkatkan kemampuan berusaha.

Sementara itu Direktur Penanganan Fakir Miskin Perkotaan, Mumu Suherlan menjelaskan jenis-jenis usaha ekonomi produktif. Menurutnya, KUBE dapat digunakan untuk budidaya perikanan, jasa pariwisatan, industri rumah tangga, peternakan, pertanian atau perkebunan, dan perdagangan.

 

Keywords: , , ,

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]