× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Daniel Matuan, Pahlawan Hijau dari Wamena

By Redaksi
Daniel Matuan - portalsains

Satu sosok dari Indonesia timur sedang banyak disebut karena andilnya terhadap lingkungan. Daniel Matuan, warga sekaligus tokoh masyarakat Kampung Parema, Distrik Wesaput, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Di halaman belakang rumah pria berusia 45 tahun ini terhampar lahan luas yang ditumbuhi rumput yang dinamai Rumput Mei. Dinamai Mei, karena rumput ini memunculkan bunganya yang berwarna ungu, setahun sekali yakni pada bulan Mei. Nun jauh di belakang padang rumput, ada hutan pinus yang seolah membawa kita pada pemandangan di Selandia Baru.

Daniel, seperti dikutip portalsains mengatakan, pohon-pohon pinus itu ditanam saat ia baru kelas 3 sekolah dasar. Ia menanamnya bersama teman-teman sekolahnya tahun 1982. Saat itu sang ayah mendapat bantuan bibit pinus dari Dinas Kehutanan Kabupaten Jayawijaya. Ia sangat menjaga keberadaan hutan pinus ini, dan melarang siapa saja untuk menebangnya. Kini, hasil yang ia dapatkan adalah pemandangan hutan yang “instagramable.”

Daniel mengaku sedih dengan kondisi Wamena di masa kini. Ibukota Kabupaten Jayawijaya ini dulu dikenal sangat dingin. Sekarang sudah tidak sedingin dulu, banyak perumahan beratap seng, dan lahan-lahan hijau sudah berubah menjadi pemukiman. Ia berharap anak-anaknya akan ikut menjaga pohon-pohon pinus yang pernah ia tanam, dan ia akan terus menjaga alam dan budaya Parema, walaupun tidak mendapatkan penghargaan dari pemerintah.

Keywords: ,

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]