× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Ini Daftar Tanaman Hias Rumahan Paling Hits di Instagram

By Redaksi
Bunga Echeveria. Foto : The Spruce / Cori Sears

MajalahCSR.id – Tanaman hias rumah banyak menawarkan ragam manfaat, mulai dari fungsi lingkungan (menyegarkan udara) hingga fungsi estetika (memperindah rumah). Tanaman dalam rumah biasanya membuat udara ruangan lebih segar dan visual yang sejuk. Situasi yang memang dibutuhkan saat menjalani masa pandemi corona dengan karantina di rumah. Daya pikat tanaman hias rumahan diakui secara universal, tapi sebuah lembaga keuangan, Budget Direct Home Insurance, ingin mengetahui secara spesifik kawasan mana di belahan dunia yang warganya penyuka tanaman hias dan jenis tanaman apa yang banyak disukai.  

Ilustrasi Bunga Echeveria. Grafis : Inhabitat

Budget Direct menganalisis penggunaan hastag di Instagram untuk cari tahu 10 tanaman yang paling disukai dan tanaman apa yang biasanya dijadikan “feeds” di instagram. Usai menyortir lebih dari 200.000 posting di instagram – termasuk mengecualikan postingan dari bukan penggemar bunga dan penjual tanaman, Budget Direct akhirnya menemukan hasil yang dianggap bisa mewakili.

Ilustrasi Bunga Krokus. Grafis : Inhabitat

Dari hastag yang dipakai #urbanjungles, Amerika menempati posisi pertama sebagai negara yang warganya paling banyak memelihara tanaman dalam ruangan di benua itu. Posting dari negara tersebut sebanyak 7.592 posting, sementara Brasil ada di posisi kedua dengan 3.577 posting. Sementara di Eropa, Jerman menempati yang pertama dengan 3.417 posting tanaman, diikuti Ingggris dengan 2.323 posting.

Ilustrasi Bunga Haworthia. Grafis : Inhabitat

Peringkat ketiga adalah Perancis sebanyak 1.673 posting, Belanda 1.610 posting, dan Polandia 1.591 posting foto tanaman. Dalam 10 besar terdapat Italia yang memposting 1,405 kali, menjadikan benua Eropa memiliki total lebih dari 17.000 posting. Sementara itu India tercatat1.327 posting dan Kanada 1.288 posting.  

Ilustrasi Bunga Daffodils. Grafis : Inhabitat

Penelitian ini lantas menelusuri kota mana yang warganya paling banyak memiliki tanaman hias dalam ruangan. New York, London, dan Berlin adalah 3 kota berperingkat tertinggi. Setelah itu Sao Paulo, Paris, Los Angeles, Warsawa, Singapura, Amsterdam, dan Toronto. Penelitian ini memperlihatkan, tanaman hias rumah merupakan bagian penting dari interior ruang di wilayah dan budaya mana pun berada.   

Ilustrasi Bunga Fuchsia. Grafis : Inhabitat

Setelah mengetahui negara dan kota mana yang warganya suka menanam tanaman hias, Budget Direct lalu mengungkap jenis tanamannya. Tanaman hias ruang apa yang paling sering diupload ke instagram?  Posisi pertama seperti dilansir inhabitat adalah Echeveria. Tanaman kaktus gurun menyerupai bentuk bunga mawar ini yang paling banyak diupload ke Instagram. Selain bentuknya yang unik, pemeliharaan yang mudah menjadi alasan banyak orang menyukainya. Echeveria memiliki 1.021. 534 posting di Instagram.

Ilustrasi Bunga Swiss Cheese Plant atau Ceriman. Grafis : Inhabitat

Di posisi kedua adalah Krokus. Tanaman bunga cantik berwarna ungu dan putih yang berasal dari negara-negara di Laut Tengah ini memiliki 517.005 kali posting. Tempat ketiga ditempati oleh tanaman yang banyak disangka kaktus, Haworthia. Tanaman unik berdaun tebal dengan garis-garis putih ini memang punya kemiripan dengan kaktus. Sama-sama menyukai sinar matahari dan media tanam kering. Bentuknya yang mungil dan tak menyita tempat, bisa disimpan di mana saja.

Ilustrasi Bunga Chinese Money Plant. Grafis : Inhabitat

Selanjutnya adalah Fuchsia dan Daffodils, tanaman bunga yang tak kalah cantik dengan Krokus menempati posisi 4 dan 5. Kecantikannya tentu menjadi alasan banyak orang mengabadikannya ke dalam feed mereka di Instagram. Selanjutnya, tanaman bernama unik Swiss Cheese Plant atau Monstera deliciosa atau di Indonesia dikenal dengan nama Ceriman, ada di posisi keenam. The Dragon Wing Begonia, Living Stones, Freesia Flower, dan Chinese Money Plant adalah bunga-bunga selanjutnya yang melengkapi 10 besar tanaman hias yang paling sering diposting di Instagram.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]