banner
Dok. Charityworld.com
Berita

CSR Dalam Kasus Bisnis

1244 views

Jakarta – Majalahcsr. Corporate social responsibility (CSR) meningkatkan kinerja keuangan dalam jangka pendek dan panjang. Dengan kata lain, melakukan yang baik untuk orang dan lingkungan akan menghasilkan keuangan yang baik.

Dampak CSR terhadap peningkatan laba bisa secara langsung dan tidak langsung. Seperti yang dilansir oleh mvonederland.nl, kadang-kadang, CSR secara langsung berperan dalam mengurangi biaya dan meningkatkan pendapatan, seperti halnya dengan konservasi energi, atau perluasan basis pelanggan.

Namun, keuntungan lain yang ditawarkan CSR hanya secara tidak langsung bermanifestasi. Misalnya, perusahaan yang secara aktif terlibat dalam CSR memiliki tingkat absensi karyawan yang jauh lebih rendah karena sakit. Dalam kasus ini, perusahaan mengalami manfaat tidak langsung dari upaya CSR mereka.

Perusahaan yang telah menanamkan CSR dengan hati-hati dalam bisnis inti mereka cenderung mengungguli pesaing mereka. Hasilnya termasuk:

  • Posisi pasar yang lebih baik melalui pengurangan biaya, peningkatan omset dan inovasi
  • Peluang penjualan dan kemitraan baru
  • Reputasi yang kuat sebagai hasil dari kekhasan yang lebih besar dan kepercayaan di antara pelanggan, di pasar tenaga kerja dan di masyarakat
  • Budaya bisnis yang kuat: karyawan lebih termotivasi, lebih produktif dan lebih sehat jika mereka dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat melalui pekerjaan mereka
Keywords: ,
banner