banner
Dok. Charityworld.com
Berita

Corporate Social Responsibility Adalah..

3571 views

Jakarta – Majalahcsr. Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep. Konsep bahwa organisasi perusahaan, khususnya (namun bukan hanya), memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingan dari perusahaan tersebut.

Pemangku kepentingan di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan. Mencakup tiga aspek yaitu aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Oleh karena itu, CSR berhubungan erat dengan “pembangunan berkelanjutan”. Artinya suatu organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi. Misalnya tingkat keuntungan atau deviden. Tetapi juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang.

Dengan pengertian tersebut, CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen dampak (minimisasi dampak negatif dan maksimisasi dampak positif) terhadap seluruh pemangku kepentingannya.

Menurut Philip Kotler dan Nancy Lee dalam bukunya yang berjudul Corporate Social Responsibility : Doing the Most Good for Your Company and Your Cause (2005) terdapat enam model CSR yang dapat diterapkan di perusahaan, yaitu: Cause Promotion, Cause Related Marketing, Coporate Societal Marketing, Corporate Philanthropy, Community Volunteering, dan Socially Responsible Business Practice.

banner