× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

CR Week AXA Mandiri Ajak Peduli Autisme

By Redaksi

Perusahaan asuransi AXA Mandiri kembali menyelenggarakan event tahunan CR Week. Untuk tahun 2019 tema yang diambil adalah Empower People to Live a Better Life. Sebagai aksi tanggung jawab perusahaan secara sosial, AXA Mandiri mengajak masyarakat untuk lebih peduli pada anak-anak autisme. Event dilaksanakan di kawasan perumahan BTN Gunung Putri Bogor. Menggandeng Yayasan Rumah Autis Indonesia, AXA Mandiri berupaya memberikan perhatian lebih kepada nasib anak-anak autis. Selama ini anak-anak autis sering tersisihkan secara sosial dan dianggap mengganggu. Padahal, anak-anak autis punya potensi prestasi yang tak kalah dengan anak normal lain. Bahkan, anak autis punya potensi untuk bisa kembali menjalani kehidupan normal.

Presiden Direktur AXAMandiri, Handojo G. Kusuma, mengatakan, CR Week dilaksanakan diseluruh dunia secara serentak. Pada tahun ini, AXA Group menyoroti 3 hal untuk aksi CR, yaitu perubahan iklim, kesehatan, dan inklusi sosial. Inklusi sosial adalah upaya meningkatkan kemandirian individu guna mencapai kualitas hidup yang ideal. Kegiatan CR Week memang dirancang untuk memberikan manfaat kepada masyarakat, tak terkecuali bagi mereka yang berkebutuhan khusus seperti penyandang autisme. AXA Mandiri memilih bekerjasama dengan Yayasan Rumah Autis, karena yayasan ini bergerak di bidang penanganan anak-anak autisme dari kalangan tidak mampu.

Berdasarkan data Kementerian Pemberdayaan Peermpuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) 2018, penyandang autism pada laki-laki lebih banyak dibanding perempuan. Perbandingannya mencapai 5 : 1. Di Indonesia meski belum ada data yang pasti, merujuk pada Incidence dan Prevalece ASD (Austism Spectrum Disorder), terdapat 2 kasus baru per 1000 penduduk per tahun. Sementara terjadi 10 kasus per 1000 penduduk. Adapun penduduk Indonesia yang dperkirakan mencapai 237,5 juta degan laju pertumbuhan penduduk 1,14% (BPS 2010), maka diperkirakan penyandang ASD di Indonesia mencapai 2,4 juta orang dengan pertambahan penyandang baru 500 orang per tahun.

CR Week 2019 ini turut pula diikuti oleh manajemen dan karyawan AXA Mandiri. Jajaran manajemen beserta karyawan berupaya menjadi relawan yang terjun langsung berkegiatan bersama dan berinteraksi langsung dengan anak-anak penyandang autis dari Yayasan Rumah Austis Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Selain berinteraksi dan melakukan demo kerajinan tangan bersama, dilakukan pula kegiatan lainnya. Kegiatan itu mulai dari literasi keuangan, sampai pemeriksaaan kesehatan gratis bagi masyarakat sekitar.

Kepedulian AXA terhadap anak-anak penyandang autis juga sejalan dengan kebijakan Pemerintah Indonesia yang sudah meratifikasi United Nation Convention on the Rights Persons with Disabilities (UNCPRD) pada 2011 lalu. AXA Mandiri berkomitmen terhadap kesetaraan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas termasuk akses terhadap layanan keuangan.

Direktur AXA Mandiri, Henky Octavianus mengatakan, “Literasi keuangan menjadi salah satu tujuan perusahaan. Kami berharap dengan pendekatan literasi keuangan yang tepat, masyarakat dan para guru  anak-anak penyandang autisme dapat terbantu mencapai kehidupan yang lebih baik. Selain memberikan pembekalan literasi keuangan, AXA Mandiri pun memberikan santunan kepada Yayasan Rumah Autis untuk mendukung kegiatan operasional yayasan.”

Sepanjang tahun 2019, AXA Mandiri telah menyelenggarakan berbagai kegiatan Corporate Responsibility. Salah satunya kegiatan literasi keuangan bersama Majelis Ulama Indonesia di beberapa kota di Indonesia.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]