× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Coca-Cola Salurkan Bantuan Rp 10 Miliar untuk PMI Demi Tanggulangi COVID-19

By Redaksi
Presiden Direktur PT Coca Cola Indonesia, Diego Gonzalez Menandatangani Penyaluran Bantuan Rp 10 Miliar kepada PMI. Foto : Istimewa

The Coca-Cola Foundation, Coca-Cola Indonesia, dan Coca-Cola Amatil Indonesia, Selasa (14/4/2020) menginformasikan bantuannya untuk menanggulangi pandemi COVID-19 di Indonesia. Bantuan senilai Rp 10 miliar disalurkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai lembaga kemanusiaan penyedia bantuan kesehatan masyarakat. Kontribusi dari Coca-Cola akan dimanfaatkan Palang Merah Indonesia untuk membantu mengurangi penyebaran.

Bantuan diserahkan Diego Gonzalez, Presiden Direktur PT Coca-Cola Indonesia dan Kadir Gunduz, Managing Director Coca-Cola Amatil Indonesia & PNG kepada Jusuf Kalla, Ketua Umum PMI.  Proses penyerahan bantuan cukup unik karena dilakukan di lokasi terpisah. Hal ini guna mendukung kebijakan pemerintah untuk “menjaga jarak / physical distancing” selama pandemi COVID-19 berlangsung di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Kadir Gunduz mengatakan, pandemi COVID-19 merupakan krisis dunia, dan bisnis perlu memainkan peran mereka dalam memberikan bantuan.

“Hilangnya nyawa dan ancaman terhadap kesehatan masyarakat akibat penyebaran virus korona sangatlah menyedihkan. Oleh karena itu, bisnis bersama dengan pemerintah, komunitas dan masyarakat, berperan penting dalam menangani situasi darurat,” ujar Kadir.  

Pihaknya pun mengapresiasi  upaya paramedis dan sukarelawan yang bekerja siang berjuang melawan COVID-19.

Sejak 23 Maret 2020, kegiatan iklan komersial Coca-Cola beserta semua merek dagang Coca-Cola di Indonesia (Coca-Cola, Fanta, Sprite, Nutriboost, Frestea, Minutemaid Pulpy, Ades, Aquarius) telah berhenti sementara. Ruang media dan sumber daya Coca-Cola akan dialih-fungsikan guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran mengenai COVID-19, serta untuk mendukung bantuan dan tanggap darurat bagi mereka yang terkena dampak pandemi COVID-19.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia, Jusuf Kalla Menandatangani Penerimaan Bantuan Rp 10 Miliar dari PT Coca Cola Indonesia. Foto : Istimewa

Sementara, Jusuf Kalla menyatakan, mengatasi pandemi COVID-19 menjadi salah satu prioritas dari Palang Merah Indonesia (PMI).

“Kami memobilisasi sumber daya yang dimiliki PMI untuk masyarakat dan pemerintah dalam melakukan tindakan pencegahan, deteksi dan tindakan penanganan. Dalam masa-masa yang penuh tantangan ini, kami sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Coca-Cola kepada kami,” jelas Jusuf Kalla.

Dana yang diterima pihaknya akan dimanfaatkan untuk kegiatan edukasi, serta penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) yang sangat dibutuhkan dan melaksanakan berbagai layanan PMI seperti  ambulans, pertolongan pertama/ perawatan keluarga, distribusi logistik, layanan psikososial, penyemprotan disinfektan.

Selain untuk mendukung aksi di Jakarta, PMI Pusat juga telah membuat gudang darurat untuk penanganan COVID-19 bertempat di halaman Gedung Smesco di Jakarta. Gudang logistik darurat ini untuk menampung berbagai sarana dan prasarana pendukung upaya penanganan COVID-19 oleh PMI. Sebut saja 120 unit mobil tangki air yang dimodifikasi menjadi kendaraan penyemprotan disinfektan, kendaraan pick up sebanyak 230 unit, dan peralatan penyemprotan serta cairan disinfektan. 

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]