× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Chilibeli Siap Gencarkan Pertumbuhan Jumlah Mitra Usai Raup Dana USD 10 Juta

By Redaksi
Chilibeli, Social Commerce Platform. Foto : Istimewa

Chilibeli, social commerce platform (perniagaan sosial berbasis komunitas)  berhasil meraih pendanaan sebesar USD 10 juta dari investor terkemuka seperti Golden Gate Ventures, Sequoia Surge, Kinesys Group, dan Alto Partners. Sebagai social commerce platform, Chilibeli menghubungkan petani dan pemasok dengan setiap rumah tangga guna mengirimkan produk segar bermutu dengan harga terjangkau,

Didirikan pada Juli 2019 oleh Alex Feng, Damon Yue, dan Matt Li, platform ini memperkenalkan era baru pengalaman belanja kebutuhan pangan pokok – dengan penajaman fokus pada kenyamanan, keamanan, dan kualitas. Chilibeli memberdayakan agen yang disebut sebagai Mitra Chilibeli, yang sebagian besar terdiri dari para ibu rumah tangga. Para ibu rumah tangga ini diajak untuk memberikan nilai lebih (value added) usaha mereka pada konsumen. Selain itu hal positif lainnya mendorong tali silaturahmi, serta meningkatkan pemasukan bagi perekonomian keluarga.

Sejak didirikan, kinerja Chilibeli menunjukkan pertumbuhan 150% setiap bulan. Selain itu, menciptakan 300 lapangan pekerjaan langsung dan ribuan lapangan pekerjaan tak langsung bagi para Mitra Chilibeli di Indonesia.

Justin Hall, Partner Chilibeli dari Golden Gate Ventures, mengatakan, “Ketika Alex, Damon, dan Matt bertemu kami dengan membawa ide awal mula Chilibeli, kami tertarik dengan konsep distribusi produk kebutuhan rumah tangga dengan pemanfaatan mitra aktif, dengan cara yang nyaman dan terjangkau. Dalam banyak hal, Chilibeli mengilhami suatu gagasan yang belum pernah berhasil dimanfaatkan oleh platform belanja online lain, yaitu lingkaran sosial komunitas terpercaya.”

Justin menyebut, dengan membangun platform teknologi yang melibatkan langsung jaringan komunitas masyarakat Indonesia, mereka mampu membuka peluang dan cara yang inovatif untuk berbelanja, berkolaborasi, dan berpenghasilan secara mandiri.

“Kami sangat optimis dengan kemajuan tim Chilibeli yang menjembatani petani, pemasok, dan konsumen Indonesia” cetus Justin. Hal ini menurutnya membentuk sebuah kemitraan terpadu yang harmonis.

Sementara itu, Alex Feng, CEO Chilibeli, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para investor atas kepercayaannya terhadap produk pihaknya.

“Dana tersebut digunakan untuk memperkuat jaringan komunitas Jakarta, Tangerang Selatan, dan Depok, sekaligus untuk memperluas jangkauan kami selanjutnya,” cetus Alex.

Selain itu, Chilibeli, lanjut Alex akan terus meningkatkan UI dan UX aplikasi, serta memajukan fasilitas gudang di Depok. Dukungan kuat investor ternama dirasakan sangat penting untuk memperkuat dan mengakselerasi pertumbuhan di masa depan.

Meskipun bisnis platform digital berkontribusi dalam perekonomian nasional, ditandai pembayaran digital semakin berkembang, dan kemajuan logistik semakin progresif, namun penetrasi penjualan online di bidang pertanian masih sangat rendah. Padahal 20% dari pengeluaran rumah tangga keluarga Indonesia rata-rata dihabiskan untuk bahan makanan. Hal ini menunjukkan kesenjangan yang cukup besar antara pasar dan potensi yang ada, sehingga menghadirkan peluang yang belum tersentuh sebelumnya.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]