× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Cegah Kanker Dengan Cerdik

By Redaksi

Jakarta – Majalahcsr. PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui Kalbe Ethical Customer Care (KECC) dan Indonesia Cancer Care Community (ICCC) hari ini memperingati Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day). Peringatan Hari Kanker Sedunia yang diselenggarakan di La Piazza Kelapa Gading, Jakarta Utara ini mengambil tema “We Can I Can, Be a Superhero.”

Sekitar empat ratus lebih pasien, survivor, dan pemerhati kanker hadir dalam peringatan ini. Rangkaian kegitan yang diselenggrakan diantaranya talkshow terkait tema kanker, pemeriksaan kesehatan seperti tensi dan gula darah, serta acara hiburan talent show.

“Kalbe akan terus mewujudkan komitmennya terhadap kesehatan masyarakat khususnya terhadap penderita kanker. Kita terus memberi semangat agar para penderita kanker untuk tidak putus asa dan tetap produktif,” ujar Direktur Marketing Farma PT Kalbe Farma Tbk, Ridwan Ong.

Tema Hari Kanker Sedunia tahun ini menurutnya merupakan bagian dari tema untuk rangkaian tiga tahun 2016-2018, yaitu “Kita Bisa. Aku Bisa” yang berusaha menjangkau masyarakat secara kolektif maupun individual untuk menjalankan peranannya masing-masing dalam rangka mengurangi beban akibat kanker.

Dok. Kalbe

Acara utama peringatan Hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap tanggal 4 Februari adalah talkshow bertema “Kanker dan Pengaruh Gaya Hidup” dengan narasumber dr. Walta Gautama, Sp.B (K) Onk. – Spesialis Bedah Onkologi RS Mitra Kelapa Gading, Nyi Mas Diane Wulan, S.Psi – Psikolog dan Ita Yuda salah satu survivor kanker payudara. Selain talkshow juga diselenggarakan senam zumba, hiburan, dan doorprize.

Ancaman kanker di Indonesia semakin meningkat seiring dengan perubahan pola hidup masyarakat. Menurut Organisasi Penanggulangan Kanker Dunia dan Badan Kesehatan Dunia, diperkirakan terjadi peningkatan kejadian kanker di dunia 300 persen pada tahun 2030, dan mayoritas terjadi di negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

Secara nasional prevalensi penyakit kanker pada penduduk semua umur di Indonesia tahun 2013 sebesar 1,4% atau diperkirakan sekitar 347.792 orang. Kanker tertinggi yang terjadi pada perempuan di Indonesia adalah kanker payudara dan kanker serviks. Sedangkan pada laki-laki adalah kanker paru dan kanker kolorektal.

Berdasarkan Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI selama tahun 2010-2013, kanker payudara, kanker serviks dan kanker paru merupakan tiga penyakit terbanyak di Jakarta, dan jumlah kasus baru serta jumlah kematian akibat kanker tersebut terus meningkat. Cegah Kanker dengan menerapkan perilaku CERDIK yaitu Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stres.

 

Keywords: , , ,

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]