× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Cara Praktis Kurangi Masalah Sampah Plastik

By Redaksi
Dok. Hijihawu.wordpress.com

Jakarta – Majalahcsr. Pada tahun 2016, sampah yang dihasilkan tercatat sebanyak 65 juta ton. Jumlah ini naik dibandingkan tahun 2015 sebanyak 64 juta ton. Apa yang bisa kita lakukan agar bisa berkontribusi pada permasalahan sampah, terutama sampah plastik ini?

Mengurangi produksi sampah plastik dan memilah sampah dianggap menjadi cara mudah mengatasi sampah oleh Pendiri Yayasan Greenaration, Bijaksana Junerosano atau akrab disapa Sano.

Sano menganjurkan untuk menyisakan sampah yang mudah membusuk dan bisa dijadikan kompos organik, atau biomasa. Sampah ini menurut Sano bisa menjadi masalah saat didaur ulang. Ketika sampah-sampah ini tercampur dengan bahan daur ulang, kemungkinan bahan yang bisa didaur ulang akan terbuang

“Bayangkan kertas sebenarnya bisa didaur ulang tapi kalau kena kecap itu tidak bisa di daur ulang,” ujar Sano seperti yang dikutip Viva.co.id saat peluncuran CreaSolv oleh Unilever di Kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Rabu (17/5).

Dok. PressRelease.id

Menurut regulasi, sebenarnya memilah sampah digolongkan menjadi lima jenis. Namun Sano menganggap bisa dimulai dengan dipilah menjadi dua, yakni organik dan nonorganik.

Dirinya juga mengingatkan, selain perna dari masyarakat, pemerintah juga perlu ada ketegasan untuk menjadikan sampah sebagai persoalan yang perlu ditangani bersama.

“Harus ada urgensi dorongan dari pemerintah. Jadi kalau tidak dipilah, jangan diangkut karena sekarag tidak diwajibkan makanya pada santai saja dan tidak peduli,” jelasnya.

 

Keywords: ,

Redaksi

Coba saja tanya soal film, obrolan pria berkacamata ini sulit berhenti. Sudah puluhan karya berkualitas ia hasilkan demi kemajuan industri perfilman nasional. Peran yang digelutinya pun bermacam, mulai dari penulis skenario, sutradara, hingga produser. Beragam penghargaan film sudah digenggam hasil dari kerja keras, dan pengakuan atas prestasi serta dedikasi. Pria yang akrab disebut Aris lahir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]