× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Cara Pertamina Tingkatkan Talenta Pemuda Papua

By Redaksi
Papuan Academy oleh Pertamina. Foto : Istimewa

Meningkatkan sumberdaya manusia di lokasi bisnis sangat berdampak positif bagi perusahaan. Hal ini disadari betul oleh PT Pertamina (Persero). Ekspansi bisnis memang harus dibarengi dengan penyiapan sumber daya manusia yang mumpuni. Prinsip ini dijalankan oleh PT. Pertamina (Persero) beserta anak perusahaannya.

Sebagai perusahaan yang paling diminati pencari kerja di Indonesia (versi : Majalah SWA), proses perekrutan menjadi hal krusial bagi Pertamina. Selain penerapan standard rekruitmen yang tinggi, juga mengadopsi kearifan lokal. Papua, adalah salah satu contoh penerapan rekruitmen Pertamina dengan meningkatkan talenta masyarakat setempat. Apalagi ekonomi Papua kini tengah berkembang pesat didorong pembangunan infrastruktur oleh pemerintah.  

Program pemberdayaan talenta Papua merupakan upaya Pertamina dalam membangun Indonesia Timur. Secara berkelanjutan dilakukan perekrutan talenta-talenta hebat Papua. Baik untuk posisi di operasional maupun manajerial. Setelah diseleksi mereka diberikan pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan industri.

“Pertama yang perlu kalian lakukan saat ini adalah bersyukur dan bangga Kenapa? Karena kalian adalah orang-orang well selected. Orang-orang pilihan. Terus akan dikembangkan potensinya. Serap sebanyak mungkin apa yang diperoleh dalam pelatihan. Learning Agility juga harus dikembangkan. Di pundak kalian Papua akan lebih maju dan lebih sejahtera. Saya juga akan bangga saat kelak kalian yang akan menggantikan posisi-posisi kami”, pesan Pak Koes, sapaan akrab Koeshartanto Koeswiranto, Direktur SDM PT. Pertamina (Persero). Koes mengungkapkannya saat bertatap muka langsung dengan 20 peserta batch 1, Papuan Academy yang akan dikirim ke lapangan untuk melakukan on the job training.

Untuk itu, Pertamina menggelar Papuan Academy yaitu pelatihan yang digagas oleh PT Elnusa Tbk – anak perusahaan PT Pertamina (Persero), sebagai upaya menyiapkan tenaga handal untuk mendukung pekerjaan operations & maintenance (OM) di BP Tangguh, Teluk Bintuni, Papua Barat. Tahap pertama ini, direkrut 20 talenta handal putra daerah Papua.

Program tersebut dilaksanakan secara komprehensif dengan metode 10-20-70 (10% classroom training, 20% Coaching & Mentoring dan 70% On Job Training) dengan trainer dari internal maupun eksternal dari Elnusa. Program dilaksanakan dalam waktu kurang lebih 2 bulan. Usai program, peserta pu akan langsung diterjunkan di wilayah dan juga posisi pekerjaan yang diperlukan.

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]