× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Cara Adidas dan ThredUp Perpanjang Usia Sepatu dan Busana Olahraga

By Redaksi
Ilustrasi Kemasan Produk Adidas. Foto : Shutterstock

MajalahCSR.id – Produsen sepatu dan busana olahraga Adidas bersama perusahaan barang seken, ThredUp, meluncurkan program yang bertujuan mengurangi limbah fesyen. Greenbiz memberitakan, Diberi nama Choose to Give Back, program ini mempersilahkan siapapun memberikan sepatu, busana, asesoris olahraga, termasuk jersey tim olahraga dari berbagai merek dan sudah tak terpakai.

Produk bekas tersebut akan dipoles lalu kembali digunakan atau dijual di market place. Adidas menggandeng ThredUp karena dikenal sebagai platform jual beli barang bekas dan memiliki program Resale as a Service (Raas) sejak 2018. ThredUp sejau ini sudah bekerja sama dengan berbagai label busana kenamaan dunia termasuk Gap, Madewell, dan Abercrombie & Fitch.

“Program baru dari Adidas meningkatkan sistem penjualan produk (thrift) yang kami bangun, sehingga siapapun bisa memperpanjang masa pakai busana mereka,” tulis Pooja Sethi, Direktur Senior dan General Manager Raas di ThredUp, dalam jawaban email terkait program mereka. “Pada akhirnya, program ini dikembangkan untuk menambah masa pakai busana, menumbuhkan pasar pakaian kembali pakai, dan mengurangi limbah plastik.”

Program Choose to Give Back dimulai pada 7 Oktober kemarin, yang bisa dilihat dalam aplikasi Adidas Creator Club, dan siapapun bebas bergabung. Perusahaan berencana melebarkan program mereka yang (sayangnya) baru sebatas Amerika Serikat saja di awal 2022.  

“Kerja sama erat yang kali lakukan dengan Adidas untuk membangun program penjualan barang bekas pakai secara khusus, dan terukur yang memudahkan konsumen Adidas untuk memperpanjang manfaat busana bekas, serta kami juga tengah mengembangkan lebih jauh program ini bersama-sama,” jelas Sethi.

Adidas menjelaskan bahwa siapapun bisa mengirimkan sepatu, pakaian, dan asesoris, dari merek apapun dan dalam kondisi apapun. “Produk dengan kondisi yang masih baik bakal kembali dijual melalui ThredUp, sementara yang lain akan dikirim ke jaringan mitra ThredUp yang bergerak dibidang rekondisi tekstil,” papar Katja Schreiber, direktur senior keberlanjutan Adidas, melalui email.  

Adidas memberikan apresiasi kepada konsumen yang mengirimkan (bebas biaya) busana bekas mereka yang memenuhi standard kualitas. Selama masa ujicoba akan menerima 200 poin voucher melalui aplikasi Creators Club berdasarkan jumlah dan kualitas barang yang dikirim. Sekali mencapai 1.000 poin, mereka akn mendapat akses khusus pada program “exclusive deals”, hadiah ulang tahun, atau pelatihan gratis yang diselenggarakan Adidas.

“Kami ingin memastikan program ini berjalan lancar sebelum memungkinkan untuk dikembangkan secara lebih luas,” kata Schreiber. “Dalam ujicoba program, kami berusaha menemukan cara terbaik unutk menumbuhkan dan mempromosikan pasar barang seken, dengan tujuan melindungi dampak lingkungan yang beriringan dengan kegiatan ekonomi produk.”

Redaksi

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]