× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Canva Permudah Aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar Online untuk Sekolah

By Redaksi
Aplikasi Canva yang Bisa Digunakan Membantu Kegiatan Belajar Mengajar Online. Grafik : Istimewa

MajalahCSR.id – Tugas dan tanggung jawab guru di sekolah tentu sangat banyak. Tak hanya soal teknik mengajar para siswa, melainkan juga persiapan materi ajar, membuat laporan hasil pendidikan siswa, hingga mendukung para siswa untuk kegiatan ekstrakurikuler, seperti OSIS, Pramuka, dan kegiatan sekolah lain.

Untuk mempermudah kegiatan guru baik di sekolah maupun di luar sekolah, Canva membantu menyediakan banyak desain template yang mudah dipakai. Tujuannya, membantu persiapan guru sebelum dan sesudah beraktivitas di kelas. Canva mendorong para guru menggunakan desain catatan kegiatan yang tinggal pakai. Meski begitu, desain template dapat dimodifikasi sesuai keperluan. Alhasil, guru tinggal menyesuaikan isinya. Misalnya bagi keperluan desain rapor, guru tinggal mengisi nama siswa, kelas, mata pelajaran, nilai seperti yang biasa ada dalam rapor siswa.

Apa saja yang ada di Canva dan bisa digunakan para guru secara gratis semuanya. Berikut detailnya :

  • Media Pembelajaran

Sebagai media pembelajaran untuk para siswa yang bisa digunakan dalam model belajar online maupun offline. Guru bisa mendaftar terlebih dulu di https://www.canva.com/id_id/pendidikan/

untuk mendapatkan akses Canva Pro gratis yang bisa digunakan seluruh siswa dalam kelas.

Media pembelajaran ini bisa digunakan guru maupun siswa. Guru menggunakannya untuk media bantu menerangkan materi pelajaran kepada murid melalui desain-desain presentasi, poster, storyboard, dan infografik. Sementara murid dapat memanfaatkannya untuk tugas-tugas dari guru.

Dengan adanya media pembelajaran yang kreatif, aktivitas pembelajaran di kelas online maupun tatap muka akan menjadi lebih kreatif.

Beberapa contoh penggunaan Media Pembelajaran dari Canva ini :

  1. Penggunaan infografik untuk penjelasan peristiwa dalam sains seperti sirkulasi air di alam, proses kehidupan kupu-kupu, dan sebagainya. Infografik membuat penjelasan lebih mudah ditangkap karena tersaji visual dan terstruktur.
  2. Storyboard bisa digunakan untuk guru pada anak-anak TK dan SD. Sedangkan untuk siswa, storyboard juga bisa digunakan dalam materi pelajaran literasi. Agar pembelajaran literasi menjadi pelajaran yang aktif dalam kelas, setelah sesi membaca, siswa bisa diminta menceritakan kembali bacaannya dalam bentuk story telling. Dalam hal ini storyboard bisa digunakan sebagai alat bantu story telling.
  3. Kartu flash. Kartu flash umumnya dipakai untuk mengingat kata baru.
  4. Dalam materi pelajaran bahasa Indonesia, biasanya ada bab mengenai poster. Canva menyediakan template-template desain poster yang bisa dimodifikasi dengan mudah. Jadi siswa bisa praktek langsung untuk membuat poster.
  • Membuat Rapor Online
Contoh Rapor Online Canva. Grafik : Canva

Desain untuk isian rapor ini sebenarnya bisa digunakan sebagai rapor online maupun rapor offline (dicetak untuk dibagikan di kelas). Dalam masa pandemi ini, di mana kegiatan belajar mengajar wajib dilakukan secara online, rapor online siswa menjadi alternatif lain. Lewat rapor online, guru lebih mudah membagikan rapor siswa kepada wali murid melalui fasilitas sharing di Canva.

Ada beberapa desain rapor Canva yang masing-masing beda peruntukan. Desain rapor yang ada di Canva diantaranya:

  1. Rapor Orang Tua
  2. Rapor homeschooling
  3. Rapor TK – PAUD
  4. Rapor hasil akhir belajar siswa SD – SMA
  5. Rapor untuk mahasiswa di universitas
  • Membuat Struktur Organisasi
Contoh Desain Struktur Organisasi Canva. Grafik : Canva

Struktur organisasi diperlukan oleh lembaga manapun, mulai perusahaan, yayasan, termasuk organisasi sekolah. Canva juga menyediakan desain struktur organisasi yang mudah untuk dimodifikasi dan diberi nama-nama pengisi jabatan dalam organisasi tersebut.

Di sekolah, struktur organisasi selain dibuat untuk para pengelola sekolah:  kepala sekolah dan wakil, pembina sekolah, hingga guru, juga untuk struktur organisasi siswa.

Selain kegiatan formal untuk materi pelajaran umum, siswa juga belajar berorganisasi di sekolah. Bentuk organisasi yang umum ada di tiap SMP dan SMA adalah OSIS. Di dalam OSIS, ada hirarki organisasi siswa, dengan guru sebagai pembinanya. Siswa bisa membuat sendiri struktur organisasinya memakai desain yang menarik di Canva. Struktur organisasi siswa ini bisa dicetak maupun dibagikan secara online sesuai dengan kebutuhan.

  • RPP – Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Contoh Desain RPP Canva. Grafik : Canva

Sebelum memberi materi ajar, guru memiliki tugas untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau biasa disingkat RPP.

Dalam RPP, dijabarkan secara detail, apa saja kegiatan belajar yang akan dilakukan, lalu pembahasan materi, dan mekanisme penilaian sebagai bentuk evaluasi. Setiap pelajaran mempunyai RPP, jadi akan lebih mudah bila ada template desain RPP dan guru tinggal mengisinya.

Desain RPP ini bisa dicetak secara kolektif oleh sekolah, guru tinggal mengambil hasil cetakan template RPP untuk diisi. Template ini lebih praktis untuk dipraktekan semua guru di sekolah.

  • Membuat Sertifikat
Contoh Desain Sertifikat Sekolah dari Canva. Grafik : Canva

Sertifikat dalah bagian dari penghargaan untuk siswa. Dalam kegiatan pelajaran atau di luar pelajaran di sekolah, siswa akan merasa bangga ketika mencapai achievement tertentu, diganjar penghargaan, meski berupa sertifikat saja.

Dengan ragam desain sertifikat di Canva yang bisa dimodifikasi, seperti pencatuman logo sekolah, atau nama jenis penghargaan, guru atau pihak sekolah tinggal mencetak di atas art paper di percetakan digital.

Kemudahan pembuatan sertifikat bagi guru dan sekolah, mendorong pemberian apresiasi yang intens untuk siswa baik di dalam maupun luar kelas.

Yang tadinya hanya diberikan di akhir tahun ajaran, menjadi bisa diberikan tiap bulan. Contohnya, untuk keperluan pengakuan proyek sains terbaik di kelas, penghargaan murid yang disiplin, atau keperluan lainnya. Adanya penghargaan kecil seperti ini, bisa meningkatkan semangat siswa, karena kerja keras siswa di kelas terlihat dihargai.

Avatar

Redaksi

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]