banner
Berita

Bonus Demografi Harus Dimanfaatkan

936 views

Jakarta – Majalahcsr. Tantangan pembangunan berkelanjutan di Indonesia pada saat ini terletak pada bonus demografi. Jumlah usia produktif akan meledak dibandingkan dengan usia non produktif.

Pakar ekologi dan lingkungan sekaligus ekonom Emil Salim mengatakan untuk segi pendidikan, saat ini sangat tertinggal. Padahal menurutnya, bonus demografi ini untuk mengatasinya adalah dengan memberikan kualitas pendidikan yang baik.

“Bonus demokrasi Indonesia, seharusnya dihantam dengan quality education dan wajib belajar usia 6 tahun ke atas,” ujarnya pada EPSP Sesi I, Maret 2018.

Emil juga meyayangkan minat baca di Indonesia yang masih rendah. Padahal menurutnya membaca adalah kunci untuk meningkatkan pengetahuan.

Banyaknya bonus demografi yang menjadikan usia produktif ini meledak juga akan mengancam pada petani beras. Petani beras yang tua menggunakan metode lama yang jauh tertinggal dari negara lain, sedangkan anak muda yang mempunyai banyak inovasi malah menjauhi sawah.

Terlihat bahwa Indonesia seringkali mengimpor beras. Padahal kualitas tanah di Indonesia terbilang subur.

Satu lagi yang dikatakan Emil adalah mengenai sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa yang pada penerapannya sangat tidak sesuai. Saat ini seringkali ada larangan-larangan misalnya melarang tidak merayakan valentine. Sehingga kehidupan beragama di Indonesia sangat tidak baik. “Seharusnya pemerintah mencari solusi, bukan melarang,” ujar Emil.

Keywords: , ,
banner