× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Bioplastik Terbuat dari Sisik Ikan Menangi Penghargaan

By Redaksi
MarinaTex Plastik Ramah Lingkungan dari Sisik Ikan. Foto : Inhabitat

MajalahCSR.id – Plastik sekali pakai makin bermasalah untuk planet bumi. Tapi, plastik ini juga punya fungsi yang sangat diandalkan oleh semua orang. Jadi, bagaimana caranya kita bisa mengganti kantong, pembungkus plastik sekali pakai yang mengancam ini? Seorang siswi sekolah berhasil menemukan salah satu solusinya, material yang bisa menggantikan bahan kimia pembuat plastik. Materialnya terbuat dari bahan alami yang kadang dibuang, bagian tubuh ikan.

MarinaTex Plastik Ramah Lingkungan dari Sisik Ikan. Foto : Inhabitat

Lucy Hughes, nama siswi jurusan desain produk di Univesitas Sussex, Inggris, menemukan bahan ini saat mengerjakan salah satu tugas proyek bersama seniornya. Dengan bimbingan dari tutornya, Lucy melakukan penelitian kasus di pabrik pengolah ikan bernama MCB Seafoods. Saat itulah, dia menemukan, ada beberapa bagian ikan yang terbuang, mulai dari jeroan ikan, darah, tulang kulit, dan sisik. Siswi ini lantas berpikir, bagaimana caranya agar limbah ini bisa kembali dimanfaatkan.

MarinaTex Plastik Ramah Lingkungan dari Sisik Ikan. Foto : Inhabitat

Temuannya disebut MarinaTex, sebuah materi bioplastik dari sisik, kulit, dan tulang ikan yang dicampur melalui proses tertentu. Mengembangkan bioplastik ini, Lucy harus mengalami beragam kegagalan, tapi hasil produknya lebih luar biasa dibanding polymer plastik. MarinaTex seperti diberitakan inhabitat adalah bioplastik yang lembarannya bisa terurai dalam rentang 4 sampai 6 minggu di media kompos rumah tangga.

MarinaTex Plastik Ramah Lingkungan dari Sisik Ikan. Foto : Inhabitat

Butuh lebih dari 100 kali percobaan untuk menemukan proporsi yang tepat sebelum Lucy akhirnya mengirim penemuannya yang sukses memenangi penghargaan International James Dyson Award di 2019.

MarinaTex juga disebut cocok untuk penggunaan sekali pakai seperti pembungus sandwich, mengganti lapisan plastik pada boks tisu, atau pengganti bahan transparan dalam kotak roti. Diklaim lebih kuat daripada plastik Low Density Polyethilene (LDPE/termoplastik yang terbuat dari minyak bumi).

MarinaTex Plastik Ramah Lingkungan dari Sisik Ikan. Foto : Inhabitat

Plastik MarinaTex lebih tahan lama, bisa terurai dan menjadi alternatif untuk produk kantong plastik. Menurut websitenya, “Formula organik tidak mengandung zat kimia berbahaya, dan bisa dipakai, tanpa membahayakan kehidupan liar atau manusia”. MarinaTex, kini sedang dikembangkan lebih jauh danbelum terdapat di pasar umum.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]