× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Biarkan Si Manis Aman dengan Mainan Ramah Lingkungan

By Redaksi
Mainan Distinctly Himalayan. Foto : Distinctly Himalayan

Anda pecinta kucing? Selain memanjakan kucing dengan makanan enak, anda pasti menyediakan mainan agar si hewan peliharaan betah di rumah. Tapi tahukah anda mainan kucing pun kini sudah ada yang aman dan lebih ramah lingkungan.

Karyawan di tempat praktik dokter hewan Lynn Bahr seketika tertawa melihat mulut sang dokter penuh mainan kucing. “Saat aku mendesain mainan (kucing), aku memasukannya semua ke mulutku. Jadi jika kucing atau anjingku akan mengunyah mainan tersebut, aku mencoba merasakannya,” terang Lynn.

Mainan Distinctly Himalayan. Foto : Distinctly Himalayan

Seperti yang dilansir dari inhabitat.com, industri mainan dan perlengkapan hewan kesayangan lebih memprioritaskan anjing dibanding kucing. “Kucing diperlakukan sebagai peliharaan kelas dua, sehingga produk buat si kucing belum menjadi prioritas. Namun, sekarang sudah berubah,” kata Lynn, pendiri dan pemilik perusahaan produk hewan peliharaan, Dezi and Roo. Saat produk untuk kucing peliharaan mulai banyak, orang-orang mulai peduli dengan produknya. Mainan kucing salah satunya. Kondisi ini mendorong munculnya permintaan mainan kucing yang lebih eco-friendly

Material berbahaya untuk Mainan Kucing

Cukup disayangkan, di sejumlah negara termasuk Amerika tak ada undang-undang yang mengatur soal bahan berbahaya dalam mainan hewan. Hal ini seolah menegaskan, setiap produsen punya aturannya masing-masing. Dengan banyaknya mainan yang berasal dari luar wilayah, akan semakin sulit menerapkan standar yang aman bagi mainan tersebut.

Mainan Distinctly Himalayan. Foto : Distinctly Himalayan

Polyvinyl chloride (PVC) merupakan bahan yang biasa digunakan untuk suku cadang otomotif, pipa paralon, lantai polyvinyl, jas hujan, tirai kamar mandi, sepatu dan juga mainan hewan. Tentunya anda tidak kepikiran untuk menggigiti tirai shower, sementara kucing anda mungkin sedang menggigit mainan yang bahannya sama dengan tirai plastik itu. Perusahaan biasanya menggunakan pthalates – zat kimia yang bisa menganggu fungsi hati dan ginjal – untuk memperlunak mainan dan menjadikannya fleksibel. PVC juga disebut “plastik beracun”.

Material lainya yang sama berbahaya untuk mainan adalah Bishopenol-A (BPA).  BPA merupakan bahan plastik lain yang diduga pemicu kanker dan gangguan kelenjar endokrin. Parahnya lagi, zat-zat beracun ini masih sering dipakai untuk mainan impor, terutama mainan yang bercorak warna warni.

Mainan Kucing Ramah Lingkungan dan Tak Beracun  

Jadi, mainan aman apa yang sebaiknya diberikan untuk kucing? Mainan yang aman  dan juga tak menimbulkan gangguan lingkungan atau mencemari lahan.

Daripada memakai bola plastik, coba lihat brand “Billy Bob the Cork Ball”. Dibuat oleh perusahaan the Field pet product company, bola mainan ini terbuat dari tanaman catnip (sejenis tanaman harum). Lalu ada Dharma Dog/Karma Cat, mainan dari Distinctly Himalayan. Mainan yang diproduksi perusahaan ini dibuat oleh sekelompok perempuan di Nepal. Bermaterialkan wool dari peternakan domba di kawasan Himalaya dan New Zealand serta memakai pewarna non toksik. Bentuk mainannya lucu-lucu mulai dari gurita, lumba-lumba, ular, bintang laut. Tak hanya boneka mainan, perusahaan juga mendesain “kasur” untuk si meong plus keranjang mainan dari rumput laut dan serat eceng gondok.

Mainan Dezi Roo untuk Kucing. Foto : Dezi Roo

“Menjadi bagian dari perusahaan yang berkelanjutan adalah hal penting bagi kami, dan (keberlanjutan) ini dilakukan sejak puluhan tahun lalu,”ujar Jennifer Neufeld, pemilik Distinctly Himalayan. “Kami juga anggota Fair Trade Federation dan Pet Sustainability Coalition.” Sementara di Dezi & Roo produknya memang ramah lingkungan. Konsumen bisa memilih aneka mainan yang terbuat dari bahan bekas pakai dan bebas kandungan BPA, seperti mainan pegas dan bantalan halus.

Membuat sendiri mainan untuk hewan peliharaan mungkin pilihan aman yang lain. Bahannya bisa dari barang bekas tak terpakai.  Sebenarnya membuat mainan untuk hewan peliharaan sangat sederhana. Bisa dengan melipat beberapa kertas yang diperberat dengan logam secukupnya, lalu lempar agar si manis lari menangkap.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Sebelum mencoba membuat mainan sendiri untuk si mpus, ada hal yang mesti diperhatikan. Kucing senang menelan sesuatu yang tidak seharusnya.lidah kucing terdiri dari ribuan sikat yang gunanya untuk membersihkan dan merapihkan bulu mereka. Lidah mereka yang mirip dengan “Velcro”(perekat kain) memaksa kucing untuk menelan sesuatu yang ada dalam mulutnya. Hal ini bisa menyebabkan sakit, hingga kematian si kucing. Jadi hindarkan kucing dari barang-barang mudah tertelan seperti benang gigi, karet gelang, ikat rambut, dan sejenisnya.

Mainan Dezi Roo untuk Kucing. Foto : Dezi Roo

Juga, jika melihat kucing anda lemas, atau diare usai menggigit catnip, kemungkinan catnip tersebut sudah berjamur atau tercemar pestisida. Jadi pemilihan catnip pun perlu diperhatikan.  

Bemain dengan Kucing

Kucing sangat senang diajak bermain. “Hal yang membuat saya penasaran adalah banyak pemilik kucing menyebut peliharaan mereka tak suka bermain,” kata Lynn. Perempuan ini menyalahkan kurangnya produk yang bagus daripada kucing peliharaannya yang terlalu dewasa untuk bermain. Hal ini cukup menyedihkan terutama untuk kucing rumahan (tak pernah keluar rumah).

Daripada menjadikan kucing anda tidur seharian, cobalah membelikannya mainan yang ramah dan aman bagi mereka. Juga memperhatikan si mpus bermain adalah cara terbaik. Itu bisa membentuk “ikatan batin” dengan kucing anda. Jika kucing anda mencoba menelan sesuatu yang membahayakan, anda pun bisa langsung mencegahnya.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]