× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

BFI Finance Gelar Pelatihan Bisnis Mikro untuk UMKM Pontianak

By Redaksi
BFI Finance Gelar Pelatihan Usaha dan Bazaar di Pontianak. (Foto : BFI).

PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance) kembali menggelar kegiatan pelatihan bisnis mikro dan bazar aneka produk di Pontianak Kalimantan Barat. Melalui tajuk  #SelaluAdaJalan Awali Usaha Dari Hal Sederhana, BFI Finance mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sana. Pelatihan bisnis dan bazar dilaksanakan di Hotel Golden Tulip Pontianak selama dua hari, pada 18 dan 19 Oktober, yang dihadiri ratusan pelaku UMKM di Pontianak dan sekitarnya.

Kegiatan ini membuktikan komitmen BFI dalam mewujudkan visi perusahaan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“BFI Finance turut berperan aktif mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia, salah satunya menyelenggarakan kegiatan ini. Pelaku UMKM selayaknya terus difasilitasi agar naik kelas, mampu menyerap tenaga kerja yang lebih besar, dan mampu berkontribusi nyata dalam pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah, termasuk di Pontianak,” tegas Area Manager BFI Finance Wilayah Pontianak, Bambang Hartoyo.

Berdasarkan hasil Laporan Kinerja Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Kemenkop RI), pada tahun 2018 terdapat 64,19 juta unit usaha UMKM di Indonesia dengan kontribusi mencapai 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Dari data tersebut, jumlah tenaga kerja yang terserap mencapai lebih dari 116,97 juta jiwa.

Bambang menambahkan meskipun jumlah UMKM mengalami pertumbuhan yang pesat, namun mereka masih membutuhkan dukungan berbagai pihak untuk bisa meningkatkan skala usahanya. Pelatihan bisnis ini bertujuan meningkatkan kualitas dan kapasitas mereka sebagai pelaku usaha agar dapat berkembang lebih maju, bermental kuat, dan cerdik melihat persaingan dan potensi pasar.

Dalam kegiatan ini BFI Finance menggandeng PontiMarket, organisasi yang fokus pada pengembangan SDM UMKM dan ide kreatif. Selain itu ada materi motivasi untuk meningkatkan entrepreneurship. Pelatihan bisnis ini mengangkat materi seputar kisah sukses pelaku usaha dari luar Kalbar, cara memaksimalkan bisnis online, serta bagaimana menangani keluhan pelanggan.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]