× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Berkomitmen Lestarikan Satwa, Pertamina Salurkan Donasi Ecorun

By Redaksi

PT Pertamina (Persero) terus berkomitmen untuk terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Kontribusi diberikan melalui program Corporate Social Responsibility, salah satunya dengan melakukan konservasi atas satwa yang hampir punah seperti Elang Bondol dan Gajah Sumatera.

Pada kegiatan tahunan Pertamina Eco Run Desember 2018 lalu, Pertamina berhasil mengumpulkan donasi dari hasil penjualan tiket sebesar Rp 1 Miliar. Dana tersebut diagendakan untuk dimanfaatkan bagi pelestarian satwa Elang Bondol dan Gajah Sumatera, dalam hal ini disalurkan oleh Pertamina kepada Balai Penelitian Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aek Nauli. Penyerahan dilakukan pada Kamis (24/11) lalu di Siantar.

Media Communication Manager Pertamina, Arya Dwi Paramita menjelaskan event tahunan perusahaan yang mengangkat tema Galang Energi Lestarikan Negeri merupakan bagian dari upaya Pertamina mengajak masyarakat untuk ikut serta melindungi hewan berbelalai khas Sumatera ini.

“Donasi yang diperoleh dari partisipasi masyarakat yang turut serta dalam Pertamina Eco Run akan disalurkan untuk melestarikan dua satwa yaitu Elang Bondol dan Gajah Sumatera masing-masing sekitar Rp 549 juta,” katanya.

Menurut Arya, Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) 1 bekerjasama dengan Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aek Naulik sebagai pemangku Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) di Kabupaten Simalungun akan terus melindungi Gajah Sumatera dengan menetapkan road map yang berlangsung dari 2017 hingga 2021. Mulai 2017, Pertamina telah melakukan penanaman pakan gajah dan transportasi serta menyediakan klinik gajah. Pada 2018 dilanjutkan dengan pemasangan papan informasi, edukasi, serta penyediaan sarana dan prasarana galeri. Untuk 2019, pelestarian gajah ini akan berlanjut dengan pembangunan biogas kotoran gajah dan pemberdayaan ekonomi kader kelompok peduli gajah.

“Hingga tahun 2021, Pertamina berharap program CSR Kehati ini akan menciptakan ekosistem alami untuk Gajah Sumatera berkembang biak,” pungkas Arya.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]