× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Berikan Pelatihan Wirausaha, Gojek Siap Cetak UMKM Baru Keluarga Mitra

By Redaksi
Gojek Gelar Pelatihan UMKM untuk Keluarga Mitra

Sebagai aplikasi teknologi yang berfokus pada pemberdayaan sektor informal, Gojek berkomitmen untuk meningkatkan taraf hidup mitra dan keluarganya. Salah satunya menggelar kegiatan pelatihan 100 UMKM Keluarga Mitra di Makassar yang diadakan di Go Food Festival Karebosi Link, Makassar.

100 UMKM Keluarga Mitra Gojek merupakan pelatihan komprehensif yang berkelanjutan untuk menciptakan sumber penghasilan tambahan bagi keluarga mitra. Pelatihan ini menjangkau berbagai sektor usaha informal yang dapat diaplikasikan secara langsung, diantaranya kuliner, kerajinan tangan, fotografi dan pekerjaan spesialis lain sebagainya.

Head of Regional Corporate Affairs East Indonesia GOJEK, Mulawarman (kanan) dan District Operasional Manager GOJEK Makassar, Adwin Pratama Anas (kiri) mendampingi salah satu istri mitra driver GO-CAR saat sesi pelatihan memasak saat acara 100 UMKM Keluarga Mitra GOJEK.

Di tahap pertama ini, pelatihan diberikan kepada 100 Keluarga Mitra Gojek dengan masa pembinaan kurang lebih 90 hari. Pertemuan dilakukan dengan beberapa kali pertemuan. Peserta yang merupakan keluarga mitra Gojek diberikan kesempatan mengkreasikan produk atau jasa sesuai dengan kemampuan dan minat hasil dari pelatihan ini.

100 orang keluarga mitra yang mayoritas Ibu-Ibu diberikan pelatihan mengolah makanan yang sering dipesan melalui layanan GoFood. Peserta pelatihan ditantang tidak hanya sekedar memasak tapi juga cara mengemas dan memasarkan produk tersebut untuk customer. Tahapan selanjutnya, Ibu-Ibu ini diarahkan untuk menjadi pelaku bisnis mikro yang tidak butuh modal besar dan didukung layanan GoBiz dari GoFood.

Gojek Gelar Pelatihan UMKM untuk Keluarga Mitra

Head of Regional Corporate Affairs for East Indonesia,Mulawarman, menjelaskan,“Inovasi terbaru kami di sisi merchant/UMKM adalah aplikasi pengelolaan restoran khusus mitra merchant, GoBiz. Mereka bisa mengakses data untuk membantu menganalisis performa bisnis setiap saat hingga mengelola operasional sehari-hari. Yang menarik dari aplikasi ini, merchant bisa secara mandiri mengatur dan menawarkan promo khusus untuk restoran mereka sendiri.” 

Dia menambahkan, teknologi ini juga telah terbukti meningkatkan pendapatan rata-rata merchant hingga 3.5 kali. Saat ini, di GoFood telah ada lebih dari 400 ribu merchant, di mana 96% mitra merchant GoFood adalah pelaku kuliner yang memulai usahanya dari bisnis kecil dan rumahan.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]