× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Berdayakan Mitra Binaan, Penjualan UMKM Pertamina Tembus Lebih dari Rp 4 Miliar

By Redaksi
Ilustrasi Mitra Binaan Pertamina. Foto : Istimewa/pontas.id

MajalahCSR.id – Menjalin mitra binaan biasa dilakukan oleh sejumlah perusahaan besar. Namun tak sekedar di situ, perlu upaya pemberdayaan agar dampaknya dirasakan mitra secara langsung.   Pertamina mendorong pemberdayaan mitra binaanya untuk memproduksi barang dan jasa kebutuhan perusahaan sebagai program bantuan masyarakat di masa pandemi. Sebanyak 596 UMKM Mitra binaan Pertamina dan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Pertamina diberdayakan untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (persero), Fajriyah Usman menyampaikan bahwa tercatat hingga pertengahan Mei 2020 pencapaian penjualan sudah menembus lebih dari Rp 4 Miliar.

“Penjualan produk dan jasa UMKM Mitra binaan dibawah RKB BUMN Pertamina sudah menyentuh angkat Rp 1,2 Miliar sedangkan UMKM mitra binaan Pertamina melalui Program Kemitraan telah mencapai lebih dari Rp 2,98 Miliar,” ungkap Fajriyah.

Fajriyah menyampaikan, sejak masa pandemi covid-19, mitra binaan Pertamina lebih adaptif terhadap perubahan. Mereka jadi lebih kreatif dan inovatif melihat peluang pemasaran di masa pandemi ini.

“Sebanyak 420 UMKM Mitra RKB Pertamina memproduksi barang dan jasa kebutuhan penanggulangan bantuan Covid-19. Sedangkan sebanyak 176 UMKM Mitra Binaan unggulan Pertamina yang masuk dalam program kemitraan juga telah diberdayakan agar bisa tetap produktif di masa pandemic,” papar Fajriyah.

Produk yang diproduksikan oleh Mitra Binaan, lanjut Fajriyah adalah produk yang dibutuhkan oleh Pertamina untuk bantuan ke masyarakat, seperti multivitamin, hebal, madu, sabun, hand sanitizer, disinfektan, alat pelindung diri atau masker kain non medis, minuman kesehatan seperti Jahe, kuliner hingga jasa pengelasan yang dapat mendukung upaya peralatan pencegahan Covid-19.

“Alhamdulillah, di masa pandemi ini, Pertamina membantu kami melalui pesanan masker. Kami dapat memproduksi masker non medis yang sebenarnya bukan lini bisnis kami. Tentunya dengan berbagai penyesuaian sebelum akhirnya memproduksi secara massal sesuai dengan rekomendasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Masker yang dibuat mencapai 20.000 unit per bulan hingga akhirnya kami dapat bertahan dan beralih usaha dengan omzet mencapai Rp350 juta dalam 2 bulan ini,” ungkap Ali dari UMKM Jocce, pengrajin sepatu kulit dari Sidoarjo. Jocce adalah mitra binaan dari Pertamina Region V Jatim Balinus.

Mitra Binaan unggulan dari program kemitraan Pertamina, tersebar di seluruh Indonesia dan dikoordinir oleh Pertamina Pemasaran serta Pertamina Pengolahan atau Refinery Unit. Untuk memperkuat capaian tersebut, Pertamina juga telah mengaktifkan 29 Rumah Kreatif BUMN (RKB). Hingga saat ini, RKB telah membawahi 6.518 Mitra Binaan.

Untuk sekedar tahu, rumah kreatif BUMN adalah rumah bersama untuk berkumpul belajar dan membina para pelaku UKM Indonesia menjadi UKM berkualitas serta menjadi wadah bagi langkah kolaborasi BUMN dalam bentuk Digital Economy System. Seluruhnya melalui program pembinaan UKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM itu sendiri.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]