banner
Foto

Berbagi Inspirasi Untuk Indonesia Berprestasi

1138 views

Bandung – Majalahcsr. Berbagi Inspirasi untuk Indonesia Berprestasi adalah kegiatan yang diinisiasi oleh kerjasama antara Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan PT Astra International Tbk yang pada Rabu (28/3) di Sasana Budaya Ganesha Bandung. Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya yang diadakan di Universitas Airlangga Surabaya, yang dihadiri hampir 1.200 peserta. Salah satu yang membedakan acara di Bandung ini adalah adanya penampilan istimewa kolaborasi kesenian dari Paguyuban Pasundan dan juga adanya pembacaan “Sajak Pancasila” oleh Godi Suwarna, salah seorang sastrawan kawakan dari Jawa Barat.

Acara yang dihadiri oleh 3.000 peserta ini terdiri dari berbagi elemen masyarakat seperti dosen, guru, mahasiwa, siswa sekolah dan masyarakat umum ini menampilkan beberapa ikon prestasi Indonesia yaitu figur-figur yang karya dan laku hidupnya sudah memperoleh apresiasi dan penghargaan, sehingga bisa menjadi sumber kreativitas dan inspirasi untuk mencapai prestasi.

Para ikon ini tidak hanya menjadi sumber inspirasi, tetapi juga menjadi teladan dalam pengamalan ideologi Pancasila. Figur-figur tersebut adalah dr. Dani Ferdian, Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2015 kategori kesehatan yang merupakan putra asli Bandung, lalu ada peraih 72 ikon Berprestasi Indonesia Audrey Yu Jia Hui yang berprofesi sebagai penulis dan inovator.

Keteladanan merupakan kunci penting dalam pengembangan dan pelestarian nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat kembali mengangkat praktik hidup yang sarat dengan nilai-nilai Pancasila sehingga bisa menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang berdasarkan Pancasila.

Bagi Astra, Pancasila adalah nilai luhur bangsa yang harus selalu dijaga dan dipelihara agar dapat menginspirasi masyarakat Indonesia dalam bertindak dan berperilaku. Hal ini sejalan dengan filososi Catur Dharma Astra bagi setiap Insan Astra. Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila ini juga sesuai dengan misi Astra International untuk sejahtera bersama bangsa.

 

Dok. Astra

Foto 1:
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudi Latif (tengah kiri) bersama para pemuda berprestasi Indonesia yang telah berbagi inspirasi kepada sekitar 3.000 peserta yang hadir dalam kegiatan Berbagi Inspirasi Untuk Indonesia Berprestasi di Sasana Budaya Ganesha Bandung, hari ini (28/03). Para pemuda berprestasi tersebut adalah dr. Dani Ferdian, Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2015 (kiri), Audrey Yu Jia Hui, penulis/inovator dan salah satu dari 72 Ikon Prestasi Indonesia (Kanan), Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (tengah kanan).

 

Dok. Astra

Foto 2
Salah satu pengamalan nilai Pancasila adalah kepedulian terhadap sesama, hal inilah yang menjadi inspirasi dr Dani Ferdian (kedua dari kiri) ketika mendirikan Volunteer Doctor pada 2009 yang tidak hanya berfokus kepada pelayanan kesehatan, tetapi juga pembentukan karakter dan membangun kepekaan sosial bagi semua kalangan. Hal ini disampaikan Dani saat menjadi salah satu narasumber pada acara Berbagi Inspirasi Untuk Indonesia Berprestasi di Sasana Budaya Ganesha Bandung yang berlangsung hari ini (28/3).

 

Dok. Astra

Foto 3
Kepala BPIP Yudi Latif (Tengah), Head Of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (ke tiga dari tengah kanan), dr. Dani Ferdian, Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2015, Audrey Yu Jia Hui, penulis/ inovator dan salah satu dari 72 Ikon Prestasi Indonesia, dan Ketua Koordinator Grup Astra Wilayah Bandung (tengah kiri) berfoto bersama sekitar 3,000 peserta acara Berbagi Inspirasi Untuk Indonesia Berprestasi yang berlangsung hari ini (28/3) di Sasana Budaya Ganesha Bandung.

 

Dok. Astra

Foto 4
Penampilan Godi Suwarna yang membacakan “Sajak Pancasila” pada acara Berbagi Inspirasi Untuk Indonesia Berprestasi yang berlangsung hari ini (28/3) di Sasana Budaya Ganesha Bandung. Sajak ini bercerita mengenai bagaimana Pancasila melindungi setiap aspek kehidupan masyarakat Indonesia selama 73 tahun. Godi Suwarna adalah salah satu sastrawan Jawa Barat yang sudah mendapatkan pengakuan Internasional dengan tampil di berbagai pagelaran sastra di berbagai Negara.

 

 

banner