× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Bebaskan Tabalong Dari Buang Air Besar Sembarangan

By Redaksi

Banjarmasin – MajalahCSR. Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Tidak salah jika ungkapan tersebut disematkan kali ini. Banyak yang masih belum mengetahui bahwa masih banyak masyarakat di Indonesia  yang belum menjalankan gaya hidup sehat, salah satunya Buang Air Besar Sembarangan (BAS).

BAS ini bisa mengakibatkan masih tingginya penyakit yang terkait dengan sanitasi lingkungan seperti diare, cacingan, typhus dan lain-lain. Seperti halnya di Kabupaten Tabalong, Kalmantan Selatan.

Salah satu perusahaan besar yang ingin berkontribusi terhadap lingkungan tempat bisnisnya, PT Adaro Energy Tbk (Adaro) meluncurkan gerakan TUNTAS untuk mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Dalam aktivitas yang merupakan rangkaian dari program “Adaro Nyalakan Perubahan” oleh Adaro Foundation, melalui Adaro Nyalakan Raga yang merupakan bagian dari Adaro Nyalakan Perubahan, Adaro menyerahkan 12 alat cetak jamban sehat di Kabupaten Tabalong. Hal ini menandai diluncurkan gerakan TUNTAS (Tinggalkan Buang Air Besar Sembarangan untuk Tabalong Sehat) untuk mendukung terwujudnya Kabupaten Tabalong sebagai Kabupaten Open Defecation Free (ODF), atau Terbebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

“Adaro ingin terus hadir dan bermanfaat bagi masyarakat. Adaro melalui Adaro Foundation berkomitmen dan siap mendukung upaya-upaya Pemerintah agar masyarakat di Kabupaten Tabalong menjadi lebih sehat dan sejahtera,” papar Presiden Direktur PT Adaro Energy Garibaldi Thohir di sela peluncuran gerakan TUNTAS di Kabupaten Tabalong, dalam rilis Kamis (15/11).

Dok. Adaro

Salah satu tujuan Adaro Foundation bersama Pemerintah Daerah adalah  untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat salah satunya melalui kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang dicanangkan kembali melalui Gerakan TUNTAS.  Dengan gerakan TUNTAS ini, diharapkan dapat mewujudkan Tabalong menjadi Kabupaten pertama di Kalimantan yang mendapat predikat Kabupaten ODF.

CSR Division Head Adaro Energy Okty Damayanti menambahkan program CSR yang dilakukan Adaro menjadi tepat sasaran dan tersinkronisasi dengan kegiatan Pemkab Tabalong dalam mengejar kemajuan pembangunan di segala bidang khususnya kesehatan. 12 alat pencetak jamban sehat tersebut dibagikan kepada 8 desa yang menerima program pendampingan oleh Adaro Foundation.

Hingga tahun ini, Adaro telah melakukan pendampingan kepada 40 desa di Kabupaten Tabalong dan 32 desa sudah ODF. Pendampingan yang Adaro berikan berupa pelatihan pengkaderan kepada masyarakat di setiap desa yang terlibat aktif dalam mengkampanyekan kebiasaan pola hidup sehat.

Dok. Adaro

Adaro juga mendatangkan Sanitarian yang terampil dan handal untuk memberikan pelatihan para kader/sanitarian tingkat desa. Hingga saat ini Adaro telah berhasil mencetak 50 sanitarian desa dan 352 kader pionir desa yang sedang dalam pemusatan pelatihan.

Dalam peluncuran program TUNTAS ini, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, Forkompinda dan pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong  serta pejabat dinas terkait turut hadir dan menyaksikan.

Keywords: , , ,

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]