× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Bantuan Biaya Untuk Bersihkan Reruntuhan di Sulawesi

By Redaksi
Dok. UNDP

Jakarta – Majalahcsr. Becana alam gempa dan tsunami di Sulawesi yang terjadi menyisakan tangis haru dan bangunan yang hancur. Puing-puing yang berserakan ini menjadi perlu untuk dibersihkan agar kehidupan masyarakat bisa berlanjut.

Badan PBB untuk Pembangunan (UNDP) bekerjasama dengan pemerintah pusat dan daerah serta LSM Indonesia, akan segera meluncurkan program cashfor-work atau pemberian dana tunai sebagai bayaran dari pekerjaan membersihkan reruntuhan bangunan akibat bencana tsunami dan gempa bumi yang melanda Sulawesi, Indonesia.

Program ini merupakan bagian dari program bantuan cepat bagi bencana dari UNDP sejumlah USD 1.4 juta untuk membantu upaya pemulihan. Prakarsa cash-for-work ini akan memperkerjakan 3500 orang dan diharapkan memberi manfaat bagi ke lebih dari 15000 orang di lokasi yang paling parah tertimpa bencana.

Dok. UNDP

“Pembersihan reruntuhan merupakan salah satu bagian terpenting dari operasi bantuan atas bencana. Tindakan yang segera kami lakukan terkait tata kelola reruntuhan dan infrastruktur adalah dengan memprioritaskan daerah-daerah penerima bantuan kemanusiaan,” kata UNDP Indonesia Country Director, Christophe Bahuet.

Tim dari UNDP Indonesia langsung tiba di lokasi sejak minggu pertama bencana untuk membantu warga yang terdampak, serta mendukung Badan Nasional Penanggulangan Bencana dalam mengkaji kebutuhan bagi pemulihan tahap awal.

BNPB memimpin program bantuan dan pemulihan tahap awal. Program cash-for-work dan program pemulihan bertumpu pada pengalaman UNDP dalam rekonstruksi dan pembangunan kembali Nepal yang ditimpa bencana alam serta Filipina yang diterjang badai Pablo di tahun 2012.

Pembiayaan prakarsa baru ini datang dari UN Central Emergency Response Fund, dan UNDP.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]