× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Bank Victoria Syariah gandeng BAZNAS Bangun Kampus IIQ

By Redaksi
Dok. BAZNAS

Jakarta – Majalahcsr. PT Bank Victoria Syariah menggunakan sebagian dana zakat maal karyawannya untuk mendukung pembangunan kampus Institut Ilmu Al Qur’an (IIQ) rabu (11/10). Salah satu Bank Syariah di Indonesia ini memanh telah mempercayakan penyaluran zakat maal karyawan dan nasabahnya kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Tahun ini, sebagian dana zakat maal karyawan dan nasabah Bank Victoria Syariah yang disalurkan untuk pembangunan IIQ mencapai Rp 300 juta. IIQ sendiri merupakan kampus pencetak ahli dan penghafal Al-Qur’an yang berada di Ciputat Kota Tangerang.

Acara penyaluran zakat maal karyawan dan nasabah PT Bank Victoria Syariah dilaksanakan di Kampus IIQ, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten pada Rabu (11/10). Hadir dalam acara tersebut, Deputi BAZNAS Arifin Purwakananta, Direktur Operasional Bank Victoria Syariah Deddy Effendi Ridwan dan Rektor IIQ, Prof. Dr. Huzaemah T. Yanggo.

Deputi BAZNAS Arifin Purwakananta mengapresiasi konsistensi Bank Victoria Syariah yang menunaikan zakat melalui BAZNAS.Arifin mengungkapkan bahwa kepercayaan korporasi membayar zakatnya melalui BAZNAS semakin baik. Apalagi BAZNAS menawarkan penyaluran zakat dengan pendekatan pencapaian tujuan-tujuan Pembangunan Global (SDGs) yang dirilis oleh Organisasi Pembangunan PBB (UNDP).

“Langkah Bank Victoria Syariah ini menginspirasi perusahaan lain untuk menunaikan zakatnya melalui BAZNAS. Semoga bisa mendatangkan keberkahan bagi perusahaan dan pegawainya,” ucapnya.

Program-program penyaluran BAZNAS dijelaskan Arifin yang juga menjabat sebagai Direktur Koordinasi Pengumpulan, Komunikasi dan Informasi Zakat Nasional BAZNAS, diukur melalui metoda SROI (Social Return On Investment) sehingga terukur dan memiliki dampak yang lebih efektif. Hal ini menurutnya menjadikan BAZNAS mulai dipilih sebagai mitra penyaluran zakat oleh banyak mitra korporasi mulai dua tahun ini.

Arifin mengajak perusahaan lain untuk bersama-sama membangun masyarakat kurang mampu di Indonesia seperti yang telah dilakukan oleh Bank Victoria Syariah.

Direktur Operasional Bank Victoria Syariah, Deddy Effendi Ridwan mengaku memercayakan penyaluran zakat perusahaan yang dipimpinnya melalui BAZNAS. Alasannya karena BAZNAS merupakan lembaga pemerintah yang dinilai profesional dan akuntabel dalam pengelolaannya.

“Kami menilai penyaluran zakat melalui BAZNAS ini sudah sesuai sasaran, sehingga kami sangat mendukung program-program yang dilaksanakan BAZNAS,” ujarnya.

Deddy mengungkapkan, selama ini Bank Victoria Syariah juga konsisten menjalin kerjasama dengan BAZNAS dalam berbagai kegiatan sosial, terutama dalam bidang pendidikan, kesehatan maupun upaya peningkatan ekonomi masyarakat miskin.

“Kami mengajak perusahaan-perusahaan lain supaya menyalurkan zakatnya melalui BAZNAS. Hal ini agar tujuan penyaluran zakat untuk mengentaskan kemiskinan, dapat lebih mudah tercapai sebab zakat disalurkan kepada yang berhak menerimanya,” ungkapnya.

Selama tujuh tahun sejak beroperasi, Bank Victoria Syariah mengajak nasabahnya untuk peduli dan berbagi terhadap sesama yang membutuhkan bantuan. Untuk itu, penyaluran dana zakat Bank Victoria Syariah difokuskan untuk sektor kesehatan, pendidikan dan pengembangan usaha mikro melalui BAZNAS.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]