× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Bank Indonesia Donasikan Kios Pintar Untuk Pembelajaran Cara Digital di Papua

By Redaksi
Siswa-Siswi SMAN Keberkatan Olahraga Papua Menerima Perangkat Kios Pintar Pebelajaran Digital dari Bank Indonesia. Foto : Bank Indonesia

MajalahCSR.id – Sebagai wujud kepedulian Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua di dunia Pendidikan, BI menyerahkan Kios Pintar dan bantuan peralatan belajar digital ke sekolah SMA dan lembaga pendidikan.

“Kios Pintar ini merupakan sebuah alat berbentuk seperti mesin ATM, yang berisi ribuan buku-buku digital, video pembelajaran, latihan soal dan bacaan literasi yang dapat diakses oleh para siswa bahkan saat tidak ada jaringan internet,” ujar Kepala BI Papua, Naek Tigor Sinaga, saat memberikan bantuan Kios Pintar di SMANKOR Papua, Distrik Heram, Kota Jayapura, Senin (21/12/2020).

Menurut Sinaga, melalui Kios Pintar tersebut akses para siswa untuk mencari bahan pembelajaran akan semakin mudah dan bisa diakses secara gratis tanpa biaya sama-sekali. Lanjutnya di era digitalisasi saat ini dan ditengah Pandemi COVID-19, seluruh sektor kehidupan dituntut untuk berubah dan mengikuti trend digital saat ini tidak terkecuali dunia pendidikan.

Kios Pintar untuk pertama kali hadir di Papua dan di kawasan Timur Indonesia. Adanya Kios Pintar diharapkan dapat memajukan pendidikan sekaligus sebagai hadiah Natal dan Tahun Baru dari Bank Indonesia. “Kios Pintar ini kami berikan kepada empat sekolah menengah atas, yaitu SMAN Keberkatan Olahraga Papua (SMANKOR) Papua, SMAN 1 Kota Jayapura, SMKN 6 Kota Jayapura, SMA Katolik Taruna Dharma Kotaraja,” ujar Sinaga.

“Semoga apa yang telah Bank Indonesia lakukan mampu mendorong terciptanya generasi-generasi emas di Papua yang berkontribusi secara maksimal dalam pembangunan di daerah serta mewujudkan SDM yang unggul menuju Indonesia Maju,” harap Sinaga.

Sinaga menambahkan selain memberikan bantuan Kios Pintar, BI juga memberikan bantuan peralatan belajar digital berupa laptop, proyektor, dan layar kepada 13 lembaga pendidikan di Jayapura dan tiga lembaga pendidikan di Kabupaten Merauke. Selain itu, hingga 2020 tercatat BI sudah mendirikan lebih dari 10 BI Corner dan Pojok Dongeng yang tersebar di berbagai lembaga pendidikan. Selain itu, BI juga menyalurkan bantuan beasiswa kepada 250 mahasiswa/mahasiswa terbaik di lima perguruan tinggi.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]