× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Bangunan Laik Fungsi Ada Sertifikasinya Lho!                        

By Redaksi
Dok. IAPMO

Jakarta – Majalahcsr. Bangunan yang laik fungsi penting untuk diperhatikan. Bukan hanya bangunan saja, tapi juga sistem saluran air yang terkait akan masalah kesehatan dan kebersihan.

Pemerintah sebenarnya sudah mempunyai aturan mengenai hal ini, yaitu peraturan menteri PUPR, menjalankan turunan dari UU bangunan gedung no 2008 tahun 2002. Isinya adalah, dalam setiap bangunan/gedung di Indonesia harus memiliki syarat layak fungsi termasuk untuk rumah sederhana, yang artinya bahwa bangunan yang dibangun harus sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Indonesia sendiri belum banyak mempunyai banyak lembaga sertifikasi laik fungsi bangunan. Padahal seiring meningkatnya jumlah penduduk, maka keperluan akan bangunan juga akan meningkat.

Dok. IAPMO

Pada Kamis (5/7) lalu, IAPMO Group Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) terkait Inspeksi Aspek Kesehatan Bangunan Rumah dan Gedung mengenai Sertifikasi Laik fungsi Bangunan. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Ken Wijaya selaku Executive Vice President IAPMO Group Indonesia dan Prof. Ir. Arief Sabarrudin, CES – Kepala Puslitbang Perumahan dan Permukiman.

Menurut Prof. Ir. Arief Sabarrudin, CES ada empat kriteria bangunan laik fungsi yaitu menjamin keselamatan bangunan, baik terhadap gempa, kebakaran maupun petir. Aspek kedua adalah aspek kesehatan yang terdiri dari sanitasi, udara maupun air bersih, yang ketiga adalah  kenyamanan serta yang terakhir adalah kemudahan.

“Kami melihat bahwa IAPMO laboratoriumnya sudah terakreditasi oleh KAN. dan kami juga menginginkan kerjasama ini diperluas. dengan kondisi Indonesia yang sangat luas, begitu banyak bangunan yang harus disusuri dan dipastikan laik fungsi,” Ujar Prof. Ir. Arief Sabarrudin, CES di Hotel Grand Mercure Kemayoran pada acara The 5th Annual Education Conference World Plumbing Day.

Arief mengakui bahwa jumlah SDM dan laboratorium milik pemerintah masih terbatas, sehingga perlu adanya kerjasama dengan laboratorium yang lain.

Dok. IAPMO

Saat ini IAPMO Group Indonesia secara konsisten membangun kesadaran akan pentingnya sistem plambing yang baik. Baik untuk konsumsi personal maupun kepentingan umum. “Sistem plambing juga berdampak pada kesehatan dan juga keamanan masyarakat. Inilah mengapa IAPMO bekerja sama dengan pemerintahan, pelaku industri serta institusi pendidikan untuk terus mensosialisasikan mengenai pentingnya standarisasi plambing. ” ujar Ken Wijaya.

International Association of Plumbing and Mechanical Official (IAPMO) adalah organisasi global dengan kantor pusat di Ontario, California – Amerika Serikat yang memiliki kantor cabang di beberapa negara termasuk Amerika Serikat, Kanada, Australia, India, Cina, termasuk Indonesia dengan bidang usahanya bergerak dalam bidang plambing.

IAPMO Group Indonesia menyediakan layanan pengujian untuk produk pipa yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia. PT IAPMO Group Indonesia benar-benar merupakan badan penilaian pihak ketiga independen yang menyediakan pengujian. sertifikasi, inspeksi dan layanan pendidikan untuk industri pipa. Layanan serupa juga dilakukan untuk bahan bangunan seperti gypsum, ubin keramik dan cat.

Dok. IAPMO

Coba saja tanya soal film, obrolan pria berkacamata ini sulit berhenti. Sudah puluhan karya berkualitas ia hasilkan demi kemajuan industri perfilman nasional. Peran yang digelutinya pun bermacam, mulai dari penulis skenario, sutradara, hingga produser. Beragam penghargaan film sudah digenggam hasil dari kerja keras, dan pengakuan atas prestasi serta dedikasi. Pria yang akrab disebut Aris lahir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]