banner
Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Prakongres Bahasa Indonesia XI di Hotel Dafam, Cawang, Jakarta pada Senin (19/9).
Berita

Bahasa Indonesia adalah Lem untuk Bangsa Indonesia

1025 views

Jakarta – Majalahcsr. Bahasa Indonesia menjadi bahasa sebagai pemersatu masyarakat Indonesia. Untuk tetap bertahan, tentunya harus selalu dipergunakan, khususnya di Indonesia sendiri.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengelar Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Prakongres Bahasa Indonesia XI. DKT itu diadakan berkaitan dengan rencana Badan Bahasa melaksanakan Kongres Bahasa Indonesia (KBI) XI pada 28 Oktober 2018.

Sejak kongres IV (1983), KBI menjadi pertemuan rutin lima tahunan antara pemerintah, pakar dan praktisi bahasa dan sastra yang membahas perkembangan bahasa dan sastra Indonesia dan rencana pengembangannya.

“Harus ada hal baru yang  mengingatkan orang terhadap KBI XI dan hal itu harus kita persiapkan dari sekarang, ujar Kepala Badan Bahasa, Dadang Sunendar saat pembukaan di Hotel Dafam, Cawang, Jakarta, Senin (19/9).

Kepala Badan Bahasa Kemendikbud, Dadang Sunendar .
Dok. Kemendikbud

DKT ini diadakan dengan harapan memperoleh masukan terkait materi dan isu-isu strategis KBI XI, memperkuat konsep dan rancangan KBI XI, dan membentuk jejaring  antar pemangku kepentingan. Sementara itu, tema yang akan diusung pada KBI XI adalah “Berjaya dengan Bahasa dan Sastra Indonesia” yang dibagi ke dalam sepuluh subtema (dalam pembahasan).

Dadang menambahkan, harapannya, pada saat KBI XI akan dibuat Perpres penggunaan bahasa Indonesia yang dideklarasikan oleh Presiden atau pejabat setingkat di bawahnya. “Persoalan terbesar sebenarnya terkait pengutamaan bahasa negara, khususnya di ruang publik. Kita harapkan adanya Perpres penggunaan bahasa Indonesia,” tambahnya.

DKT ini diikuti oleh 80 orang peserta yang berasal dari kementerian dan lembaga, akademisi, media massa, sastrawan, asosiasi guru, dan praktisi bahasa dan sastra.

Dengan diselenggarakannya DKT ini diharapkan menghasilkan masukan isu-isu strategis (subtema-topik) dan konsep rancanagan KBI XI 2018, praktik penerapan bahasa Indonesia di berbagai instansi/lembaga/media massa, rumusan strategi pada setiap subtema, dan terbentuknya jejaring antara Kemendikbud dengan K/L dan pegiat pendidikan dalam menyukseskan KBI XI.

 

banner