banner
Dok. Responsiblebusiness.com
Berita

Bagaimana Cina Melawan Kehancuran Lingkungan

3105 views

Jakarta – Majalahcsr. Sebuah berita bagus tentang lingkungan di Cina adalah sesuatu yang tidak Anda dengar setiap hari. Tetapi tinjauan besar yang diterbitkan Nature.com pada 19 Juli yang lalu telah menemukan bahwa China telah membuat kemajuan signifikan dalam memerangi bencana lingkungan yang terjadi sejak abad lalu.

Sebuah tim yang dipimpim oleh Professor of Global Change, Environment, and Society, Deakin University Brett Ryan, yang mencakup 19 ilmuwan dari 16 lembaga Australia, China, dan AS, meninjau 16 program utama China yang dirancang untuk meningkatkan keberlanjutan lingkungan dan masyarakat pedesaannya.

Riset ini dibuat untuk menceritakan kisah kemajuan China, sehingga negara-negara lain dapat belajar dari pengalamannya saat mereka berusaha menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Dok. Pamarta.blogspot.com

Sebuah upaya monumental

Dari tahun 1998, Cina secara dramatis meningkatkan investasinya dalam keberlanjutan pedesaan. Hingga 2015, lebih dari US$350 miliar diinvestasikan dalam 16 program keberlanjutan. Program itu mencakup lebih dari 620 juta hektar (65% dari luas daratan China).

Upaya ini, meskipun tidak sempurna, namun secara global tidak ada tandingannya. Sasaran lingkungannya termasuk:

  • Mengurangi erosi, sedimentasi, dan banjir di sungai Yangtze dan sungai
  • Melestarikan hutan di timur laut
  • Mengurangi penggurunan di utara yang kering dan berbatu di selatan
  • Mengurangi dampak badai debu di ibukota Beijing
  • Meningkatkan produktivitas pertanian di pusat Cina dan timur.

Sama pentingnya adalah tujuan sosio-ekonomi dari pengurangan kemiskinan dan pembangunan ekonomi, khususnya di Cina barat.

Pemerintah Cina juga membayar petani untuk menerapkan langkah-langkah keberlanjutan di lahan mereka sebagai salah satu program yaitu meningkatkan penghidupan masyarakatnya. Selain itu juga menyediakan perumahan dan pekerjaan di luar pertanian di kota-kota yang sedang booming di Cina juga meningkatkan pendapatan rumah tangga dan mengurangi tekanan pada lahan.

banner