× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Atasi Ancaman Kelaparan Akibat Pandemi, 3M Salurkan Bantuan Pangan untuk Masyarakat Terdampak

By Redaksi
Bantuan Pangan dari #M Indonesia untuk Warga Terdampak Pandemi COVID-19. Foto : Istimewa

MajalahCSr.id  – Selain berimbas pada sektor ekonomi, pandemi COVID-19 juga menimbulkan ancaman kelaparan akibat rantai pasok pangan terganggu dan resesi ekonomi. Hal ini dikemukakan Program Pangan Dunia PBB atau World Food Programme United Nations. PBB mengingatkan kemungkinan terjadinya kerawanan pangan global pasca pandemi. PBB lalu menyeru berbagai organisasi termassuk sektor swasta memberi perhatian dan dukungan kolektif pada mereka yang terkena dampak.

Menyikapi hal ini, 3M global menginisiasi program bantuan pangan untuk masyarakat yang rentan  dampak pandemi di seluruh tempat 3M global beroperasi. Termasuk 3M Indonesia yang bekerja sama dengan Wahana Visi Indonesia, sebuah Yayasan Sosial yang berfokus pada bantuan kemanusiaan. Kerja sama ini bertujuan memberikan bantuan, khususnya untuk mengatasi masalah kelaparan melalui bahan makanan pokok kepada 470 kepala keluarga (KK) di Surabaya dan Papua. Kedua wilayah ini memang disebut memiliki sebaran wabah corona yang cukup tinggi.

3M Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup (Improving Every Life) masyarakat Indonesia serta memberikan kontribusi dalam memerangi pandemi global. Sashidharan Sridharan, President Director 3M Indonesia mengatakan, “Pandemi yang terjadi saat ini, telah mempengaruhi kehidupan setiap orang. Oleh karena itu kami tergerak memberikan bantuan dalam bentuk pangan yang sangat dibutuhkan masyarakat khususnya di Indonesia.”

3M, lanjut Sashidharan akan terus membantu memerangi COVID-19 dengan berbagai cara, seperti bekerja sama dengan pemangku kepentingan untuk memberi bantuan kemanusiaan.

Program COVID-19 Pandemic Emergency Response ini merupakan bagian dari 3Mgives untuk membantu kebutuhan pangan langsung berupa makanan pokok dan kupon yang dapat ditukar bahan pangan pokok. 3M Indonesia memberikan donasi senilai USD 10.000 untuk disalurkan kepada penerima manfaat melalui kerja sama dengan Wahana Visi Indonesia.

Sebanyak 200 KK di wilayah Surabaya meliputi Kelurahan Simolawang, Sidodadi, dan Tambak Rejo di Kecamatan Simokerto, serta Kelurahan Tanah Kali Kedinding dan Bulan Banteng di Kecamatan Kenjeran, menerima bantuan berupa kupon. Kupon ini bisa ditukar dengan paket kebutuhan pokok seperti beras, ayam, telur, tempe, maupun buah-buahan di toko-toko kelontong mitra Wahana Visi Indonesia. Selain itu hal ini juga diharapkan dapat menghidupkan ekonomi pasar di wilayah setempat.

Selain itu, untuk wilayah Papua bantuan berupa beras, kacang hijau, garam, minyak goreng, dan gula akan langsung diberikan pada masing-masing daerah. Hal ini mengingat  wilayah Papua terkendala pada medan pengiriman untuk logistik dan makanan. Bantuan ini akan diterima oleh 270 KK di Kampung Damen, Warse, Akamar, dan Birak di Kabupaten Asmat, Papua. Bantuan akan disalurkan kepada penerima manfaat selama bulan Juli 2020.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]