× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Astra Dorong Rasio Wirausaha Indonesia Hingga 4%

By Redaksi
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (kanan) merasakan halusnya batik Pamekasan Madura hasil dari UKM mitra Lembaga Pengembangan Bisnis Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA) dijelaskan oleh Kepala Departemen Pelatihan & Pendampingan YDBA Rahmat Handoyo (kedua kiri) didampingi oleh Direktur PT Astra International Tbk Johannes Loman (kedua kanan) dan Koordinator LPB YDBA di Waru Achmad Nur Falakhudin (kiri) saat Perayaan HUT 60 Tahun Astra Surabaya di Grand City Mall & Convention, Surabaya (21/07). Dok. Astra

Surabaya – Majalahcsr. PT Astra International Tbk merayakan HUT ke-60 bersamaan dengan peringatan Hari Koperasi Nasional ke-70 yang jatuh pada tanggal 12 Juli 2017 di Surabaya. Melalui Festival Kewirausahaan, yang menjadi fokus rangkaian kegiatan HUT ke-60 Astra diharapkan dapat menghidupkan jiwa wirausaha dan mendorong rasio wirausaha di Indonesia mencapai target pemerintah, yakni 4%.

Ragkaian kegiatan HUT ke-60 tahun Astra di Surabaya (21-23 Juli 2017), dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf. Turut hadir Direktur PT Astra International Tbk Johannes Loman, Chief of Corporate Human Capital Development Aloysius Budi Santoso, serta lebih dari 500 tamu undangan di Grand City Mall & Convex Surabaya.

“Kita menyambut baik gagasan ide untuk berbagi ilmu dan berbagi pengalaman dari Astra. Mudah-mudahan apa yang dibagikan Astra ini semakin baik dan semakin tahun semakin banyak berbagi,” ujar Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf yang hadir mengenakan batik berwarna cokelat corak hitam.

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (ketiga kiri) memukul gong sebagai tanda dibukanya Perayaan HUT 60 Tahun Astra di Surabaya didampingi oleh Direktur PT Astra International Tbk Johannes Loman (ketiga kanan), Kolonel ARM Supriyoso (kedua kanan), Chief of Human Capital Development PT Astra International Tbk Aloysius Budi (kedua kiri), Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah (kiri) dan Kordinator Wilayah Grup Astra Surabaya Yulianto (kanan) di Grand City Mall & Convention, Surabaya (21/07).
Dok. Astra

Saifullah juga mengungkapkan kegembiraannya para UMKM didorong, dibimbing, dibina dan didampingi untuk menjadi UMKM yang tangguh dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Harapannya agar UMKM di Indonesia bisa menjadi pemenang di persaingan pasar yang semakin ketat ini, mulai dari segi teknologi, sumber daya manusia, akses permodalam, hingga pemasarannya.

Direktur PT Astra International Tbk Johannes Loman menuturkan dalam usia enam puluh tahun Astra bukan waktu yang sebentar untuk sebuah organisasi menjalankan kegiatannya. Dalam kurun waktu tersebut, Astra tidak semata-mata mencari keuntungan saja, tapi juga memberikan kontribusi sosial kepada masyarakat. Karena di mana pun Astra berada, harus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitarnya.

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (kedua kanan) terkesima melihat produk jajanan dari pengolahan hasil pertanian buatan siswa- siswi sekolah binaan Yayasan Pendidikan Astra- Michael D. Ruslim (YPA-MDR), SMKN 1 Leuwiliang yang dijelaskan oleh Direktur PT Astra International Tbk Johannes Loman (kanan) didampingi oleh Ketua Pengurus YPA-MDR Arietta Ardianti (kiri) dan Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah (kedua kiri) saat perayaan HUT 60 Tahun Astra Surabaya di Grand City Mall & Convention, Surabaya (21/07).
Dok. Astra

Dorong Rasio Wirausaha

Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), rasio wirausaha di Indonesia pada tahun 2016 telah mencapai 3,1% atau sebanyak 7,8 juta orang wirausaha nonpertanian dari 252 juta penduduk Indonesia. Rasio 3,1% tersebut berada di atas persentase minimal rasio kewirausahaan suatu negara (2%). Meski begitu, rasio wirausaha 3,1% itu masih lebih rendah dibandingkan dengan rasio wirausaha negara lain seperti Malaysia sebesar 5%, Singapura 7%, China 10%, Jepang 11, dan Amerika Serikat 12%.

Kementerian Koperasi & UKM menargetkan rasio tersebut tumbuh menjadi 4% pada tahun ini. Dengan jumlah penduduk 252 juta jiwa, Kementerian Koperasi dan UKM berharap rasio wirausaha Indonesia dapat mencapai 5%.

Agar dapat mendukung harapan tersebut, Astra dengan salah satu pilar tanggung jawab sosial di bidang kewirausahaan, yakni Astra Untuk Indonesia Kreatif, turut mendorong pengembangan UMKM melalui beragam kegiatan. Salah satu dari 9 yayasan Grup Astra yakni Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) memiliki fokus di bidang pembinaan UMKM yang tersebar di Indonesia.

Direktur PT Astra International Tbk Johannes Loman (kiri) bersama Head of Public Relations PT Astra International Tbk Yulian Warman (kanan) melihat hasil karya pengrajin batik Pamekasan Madura bersama pemilik Sila Boutique Ida Rizal (tengah) (21/07). Sila Boutique memproduksi berbagai batik Khas Pamekasan Madura dan bergabung dengan LPB YDBA sejak tahun 2016. Batik Sila Boutique banyak digunakan oleh berbagai kalangan karena bahannya yang berkualitas dan coraknya yang menarik.
Dok. Astra

Dalam rangka memperingati HUT ke-60 Astra, Astra menyelenggarakan rangkaian kegiatan sepanjang tahun. Untuk mengawali rangkaian kegiatan tersebut dan sebagai puncak acara, perayaan HUT Astra dipusatkan di Jakarta Convention Center, Jakarta pada tanggal 24-26 Februari 2017.

Tidak berhenti di Jakarta, rangkaian HUT ke-60 Astra juga terus berlangsung sepanjang tahun ini dengan diadakannya roadshow ke 5 kota di Indonesia, yaitu Yogyakarta (28-30 April 2017), Balikpapan (19-21 Mei 2017), Surabaya (21-23 Juli 2017), Medan (22-24 September 2017), serta Makassar (17-19 November 2017).

 

Avatar

Redaksi

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]