× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Aspal Plastik di Uji Coba di Cilegon

By Redaksi
Dok. Kumparan.com

Cilegon – Majalahcsr. PT Chandra Asri Petrochemical Tbk mencoba mengolah limbah plastik menjadi tambahan material jalan aspal. Sesuai dengan hasil penelitian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), campuran limbah plastik ini dapat menambah daya tahan deformasi aspal.

Berdasarkan keterangan resmi perusahaan, Selasa (3/7) seperti yang lansir oleh Kontan, langkah ini untuk mendukung  target pemerintah dalam mengurangi limbah plastik di laut sebesar 70% sampai tahun 2025.

Didampingi oleh Kementerian PUPR, Chandra Asri meresmikan penerapan aspal plastik di lingkungan pabriknya yang berlokasi di Cilegon, Banten. Aspal plastik yang digelar di atas area seluas 6.372 m2 terbuat dari bahan aspal biasa dengan campuran 5%-6%, atau sebesar 3 ton sampah plastik.

Erwin Ciputra, Presiden Direktur PT Chandra Asri Petrochemical mengatakan, sampah plastik disini merupakan komponen tambahan yang bersifat komplementer dalam pencampuran aspal. Dengan komposisi yang ideal, penambahan sampah plastik dapat meningkatkan nilai stabilitas campuran aspal plastik sebesar 40% sehingga tahan terhadap deformasi plastis dan tidak mudah retak.

Sebelumnya, Kementrian PUPR telah melakukan uji coba terhadap aspal plastik di beberapa kota yakni Bekasi, Bali, Makassar, Solo, Surabaya dan Tangerang. Sampah plastik yang digunakan dalam pencampuran aspal ini berjenis High Density Poly-ethylene (HDPE) dan berbentuk kantong plastik kresek.

 

Keywords: , , ,

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]