× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Artis ini Jadikan Limbah Plastik Sebagai Kerajinan Tangan

By Redaksi
Angela Haseltine Pozzi dan Karyanya dari Limbah Pantai. Foto : Washed Ashore via Inhabitat

MajalahCSR.id – Kampanye kesadaran bahaya limbah plastik bisa dilakukan dengan banyak cara. Contohnya Washed Ashore, organisasi lingkungan nirlaba yang melakukannya lewat visualisasi karya seni. Mereka membuat patung satwa dari limbah laut dan menampilkannya dalam berbagai pameran, baik lokal dan ke berbagai tempat sejak 2010 lalu. Kini, hasil karya mereka merambah seni aneka hiasan.

Tinggal di kota pesisir ada nilai positif dan negatifnya. Positifnya adalah pemandangan laut yang memesona yang tiap saat bisa dilihat. Sedangkan sisi negatifnya, pemandangan limbah terutama plastik yang terbuang ke laut, kembali terdampar di pantai atau satwa laut yang mati terdampar akibat limbah plastik.

Angela Haseltine Pozzi, pendiri sekaligus direktur Washed Ashore, mulai melakukan kampanye lewat karyanya itu di kota kecil Brandon, Oregon. Melalui profesinya sebagai artis seni dan pendidik, dia meluncurkan Washed Ashore dengan misi membersihkan pantai dan mengedukasi masyarakat lokal maupun global soal polusi laut.

Hasilnya, ada sekitar 75 karya seni yang dibentuk menyerupai hewan. Patung tersebut disusun dari aneka sampah plastik yang ditemukan selama pembersihan pantai. Disebutkan lebih dari 10 ribu sukarelawan turut dalam kegiatan aksi bersih-bersih tersebut yang berhasil mengumpulkan 20 ton sampah. Jumlah sukarelawan terus bertambah dalam aksi bersih-bersih plastik tersebut. “Kami akan terus lakukan sampah tak ada lagi sampah plastik di pantai,” janji Pozzi.

Kini menginjak usia 10 tahun Washed Ashore, organisasi tersebut menawarkan kerajinan hiasan unik yang dijual secara khusus. Setiap hiasan hanya dibuat satu saja, dari kalung yang terbuat dari limbah laut, sampai lampu meja (dari sampah plastik) yang berbentuk ikan angler (ikan sungut ganda) sampai lukisan 3D. Hiasan tersebut ditawarkan melalui Etsy (situs penjual dan pembeli mirip eBay yang khusus barang kerajinan).

Hasil penjualan itu seperti halnya organisasi lingkungan nirlaba lain, akan digunakan untuk membiayai kegiatan operasional organisasi, termasuk kegiatan bersih-bersih pantai. Dalam upaya meneruskan misi, aksi, dan edukasi soal polusi plastik, dalam setiap kerajinan disertakan literatur tentang Washed Ashore sambil menyampaikan pentingnya melakukan konservasi yang berdampak positif bagi habitat laut.  

 

Avatar

Redaksi

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]