× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Aren Dikembangkan Jadi Bioetanol

By Redaksi

Jakarta – Majalahcsr. Potensi nira aren itu dapat diolah menjadi berbagai diversifikasi produk, mulai dari bioetanol untuk alternatif bahan bakar rumah tangga hingga pangan (gula semut fungsional dan nata pinnata). Buahnya pun dapat diolah menjadi manisan kolang-kaling.

Sedangkan Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK saat ini tengah mengembangkannya menjadi energi alternatif berupa bioetanol di Kabupaten Boalemo, Gorontalo yang telah diinisiasi oleh dan dipublikasikan secara resmi pada Oktober 2017. Tahun ini, keenam lembaga Pusat Unggulan Iptek (PUI) akan bekerja sama mengembangkan desa mandiri berbasis aren di kabupaten itu.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH) mendukung koordinasi dan aplikasi Iptek serta formulasi bioethanol. Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (PPPTMG) Kementerian ESDM juga menyediakan 204 unit kompor bioetanol.

Sedangkan Pusat Penelitian Kimia (P2Kimia) LIPI mendukung aplikasi teknologi peningkatan kualitas bioetanol fuel-grade.

Pusat Penelitian Politik (P2P) menyusun rekomendasi regulasi peraturan daerah/peraturan bupati terkait tata niaga. Balai Besar Industri Agro (BBIA) Kementerian Perindustrian mendukung pengujian produk pangan. Balai Penelitian Palma (Balit Palma) Kementerian Pertanian mendukung penyiapan varietas aren unggul.

“Di Boalemo, terdapat 15.000 pohon aren alam siap sadap yang mampu menghasilkan 300.000 liter nira aren per hari,” kata Kepala P3HH Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK Dwi Sudharto dalam rilis yang dilansir oleh Bisnis.com, Kamis (17/5).

 

Keywords: ,

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]