× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Apresiasi Bank Jatim: Penghargaan CSR Award untuk UMKM

By Redaksi
Suasana Transaksi Perbankan di di Bank Jatim Thamrin City Jakarta. Foto : KONTAN/Carolus Agus Waluyo

Mengembangkan program CSR perusahaan tidak melulu terkait pada programnya langsung. Ada “program lain” yang masih ada kaitannya dengan program CSR. Salah satunya yang diprogramkan oleh Bank Jawa Timur (Jatim). Bank plat merah yang berkantor pusat di Surabaya ini menggelar penghargaan untuk program CSR Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Sebagai salah satu bank daerah kebanggaan warga Jatim, secara rutin setahun sekali hingga kini Bank Jatim menggelar award untuk sustainability business UMKM se-Jawa Timur.  Ajang penghargaan ini mulai dilakukan sejak 2016 lalu.

CSR UMKM Award merupakan kegiatan tahunan sebagai bentuk apresiasi Bank Jatim terhadap pelaku UMKM. Adapun UMKM di sini yang telah menyediakan lapangan pekerjaan baru, serta membantu meningkatkan kesejahteraan terhadap lingkungan di sekitarnya. Pelaksaaan penghargaan ini dilakukan bersamaan dengan peringatan HUT Bank Jatim di kantor pusat Surabaya.

Peserta UMKM merupakan nasabah Bank Jatim dan sangat disiplin dalam mengembalikan pinjaman. Penilaian ekstra juga dilakukan pada UMKM berdampak sosial yang mempekerjakan ibu-ibu rumah tangga yang tidak memiliki penghasilan. Bahkan UMKM yang mempekerjakan kaum disabilitas mendapatkan nilai tambah yang lain.  

Diantara nasabah UMKM binaan, ada 2 UMKM yang dapat dikatakan UMKM percontohan. Yang pertama adalah UMKM anyaman bambu di Magetan. UMKM yang dimiliki Pak Rustam ini mempekerjakan 9 orang karyawan tetap dan tenaga penganyam hingga 90 – 10 orang. Diantara karyawannya terdapat penyandang disabilitas.

UMKM lain adalah kerajinan batok kelapa milik Siti Malikah di wilayah Pare, Kediri.  Batok kelapa yang biasanya hanya dimanfaatkan untuk arang bakar, namun oleh UMKM ini dikreasikan menjadi tas dan taplak meja yang cantik.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]