× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Apa Saja yang Ingin diketahui Investor dari Laporan SDGs Perusahaan?

By Redaksi

New York – Majalahcsr. Pada tahun 2030 diperkirakan diperlukan dana sebesar total US$90 triliun untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs). Sejumlah dana ini diperlukan untuk memajukan tujuan bersama dengan cara membantu investor membuat keputusan dan mengarahkan sumber daya ke arah investasi yang berdampak positif ke dunia nyata.

“SDG yang disetujui secara global adalah artikulasi masalah lingkungan, sosial, dan ekonomi yang paling mendesak di dunia. Dengan demikian, mereka bertindak sebagai daftar definitif dari faktor-faktor material yang harus dipertimbangkan investor sebagai bagian dari kewajiban fidusia mereka, ”kata Fiona Reynolds, CEO PRI dalam Forum Bisnis SDGs (17/7).

Guna mendorong lebih banyak investasi untuk membantu memajukan SDGs, ada sepuluh rekomendasi yang diterbitkan pada 17 Juli 2018 di Forum Bisnis SDG oleh Global Reporting Initiative (GRI), Prinsip untuk Investasi Bertanggung Jawab (PRI) ) dan United Nations Global Compact. Ketiga entitas tersebut mewakili organisasi terkemuka di dunia dalam bidang pelaporan keberlanjutan, tanggung jawab perusahaan, dan investasi yang bertanggung jawab.

Rekomendasi tersebut berfokus pada bagaimana pelaporan korporat pada SDGs dapat memenuhi kebutuhan informasi investor untuk membantu memobilisasi keuangan berkelanjutan yang diperlukan untuk pencapaian SDG. 17 elemen SDGs, yang diadopsi oleh 193 Negara Anggota di PBB pada tahun 2015, menyediakan kerangka kerja bersama untuk mengatasi tantangan keberlanjutan yang paling mendesak di dunia.

Dalam pencapaian SDG membutuhkan komitmen tidak hanya dari pemerintah dan perusahaan, tetapi juga dari investor. Untuk itu ada suatu kasus bisnis yang bisa dijadikan pembelajaran mengenai manfaat dari pengungkapan keberlanjutan yang berarti telah terjalin dengan baik.

Laporan tersebut dipublikasikan dan dirilis pada saat yang sama dengan judul, In Focus: Mengatasi Kebutuhan Investor dalam Pelaporan Bisnis tentan SDG, memberikan panduan untuk bisnis tentang bagaimana untuk memastikan pengungkapan terkait SDG yang lebih baik berguna bagi investor.

Seperti yang dikatakan Chief Executive di GRI, Tim Mohin bahwa investor ingin melihat pelaporan seimbang yang menampilkan target dan kemajuan perusahaan terhadap SDG. “Perusahaan harus mempertimbangkan faktor risiko dan dampak pada orang dan masyarakat dengan cara yang terfokus dan berusaha untuk membuat data yang ringkas, konsisten, terkini, dan dapat dibandingkan,” ujarnya seperti yang dikutip dari Globalreporting.org.

Pada 2017, GRI dan UN Global Compact membentuk inisiatif bersama untuk membantu bisnis mengukur dan mengelola dampaknya terhadap SDG. Publikasi baru ini pada sudut investor pelaporan SDG adalah pencapaian terbaru dari upaya ini.

“Kami berharap laporan ini akan mendukung bisnis dalam upaya mereka untuk menjangkau investor dan membantu memobilisasi keuangan berkelanjutan yang diperlukan untuk pencapaian SDG, membuka jalan menuju dunia di mana tidak ada yang tertinggal, ”kata CEO dan Direktur Eksekutif Global Compact PBB, Lise Kingo.

Laporan baru melengkapi publikasi sebelumnya berjudul Analisis Tujuan dan Sasaran (2017). Akhir tahun ini, akan diikuti oleh panduan praktis untuk mengintegrasikan SDGs ke dalam siklus pelaporan perusahaan. Laporan yang diluncurkan hari ini didanai oleh Badan Kerjasama Pembangunan Internasional Swedia.

 

Link 10 rekomendasi :

http://bit.ly/InFocus-SDGReporting

Keywords: , , ,

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]