banner
Penyanyi Andien dan produk pembersih UMKM yang bebas limbah plastik, Senormal. Foto : Istimewa/Senormal
Ragam

Andien Ajak Masyarakat Mulai Bergaya Hidup Peduli Lingkungan dengan Cara Baru

172 views

MajalahCSR.id – Penyanyi sekaligus pegiat lingkungan, Andien, berkolaborasi dengan produk UMKM, Senormal, untuk meluncurkan produk baru yaitu Senormal: Fruit & Veggie Wash. Uniknya bentuk produk berupa tablet effervescent inovatif pertama di Indonesia. Andien dan Senormal memiliki visi yang sama terkait “responsible living”, “sustainability”, dan peduli lingkungan di mana gaya hidup ini mudah diadaptasi oleh semua orang Indonesia.

Bagi Andien dan keluarga, definisi rumah tidak hanya berhenti di batas halaman. Rumah merupakan alam raya yang menghidupi mahluk hidup termasuk manusia. “Karena itulah mengapa kami selalu mencoba mengambil langkah kecil dan memberi contoh dalam menjaga alam,” cetus ibu muda ini. Dari pemahaman ini, perjalanan kolaborasi antara Andien dengan Senormal berawal.

Senormal didirikan oleh seorang ibu rumah tangga muda bernama Devi. “Senormal hadir untuk menyeimbangkan keamanan & efektivitas produk pembersih rumah tangga dengan formulasi yang aman bagi seluruh keluarga dan bumi. Tablet effervescent ini menciptakan cara membersihkan yang hemat tempat, ringkas, dan aman untuk anak dan binatang peliharaan. Terlebih lagi produk kami tanpa plastik sekali pakai, jadi ramah lingkungan,” terangnya.

Mengenai kolaborasi ini Andien mengaku bahwa ia mengapresiasi produknya dan ingin lebih banyak lagi warga mengetahui solusi pembersih yang juga aman dan mendukung keberlanjutan. Aku senang sekali bisa sharing sesuatu positif menurutku dan bisa membawa perbincangan segar untuk masyarakat. Harapannya tidak hanya bisa berguna untuk aku dan keluargaku, tapi juga untuk semua keluarga di Indonesia.”

Andien menyebut sangat mendukung produk anak bangsa yang inovasinya lahir akibat pandemi ini. “Dari seorang ibu muda pula yang mencari solusi dari problemnya sendiri,” ujarnya.

Produk Senormal dimulai dari Agustus 2021. Diracik sendiri di rumah dengan cetakan es batu oleh tim riset yang terdiri dari lulusan teknik Kimia UI dan ITB. Senormal: Fruit & Veggie Wash berisikan formula pembersih kotoran, bakteri, kuman yang menempel di permukaan buah dan Pestisida yang tersisa di permukaan buah. Selain itu juga tanpa wewangian dan after taste. Produk sudah dapat dibeli mulai 7 Maret 2022.

Berbeda dengan pembersih yang kebanyakan cair, Senormal adalah produk pembersih berbentuk tablet pertama di Indonesia. Dibuat pula memakai bahan aktif yang organik. Dengan adanya Senormal harapannya dapat mengurangi konsumsi plastik dan menciptakan lingkungan keberlanjutan yang lebih baik untuk keluarga.

Produk tidak dilengkapi pouch atau kemasan plastik seperti umumnya pembersih cair yang limbahnya sangat mencemari lingkungan. Sebanyak 12 tablet Senormal seukuran permen bisa digunakan hingga satu tahun. Selain irit, yang tak kalah penting adalah aman bagi lingkungan karena tanpa kemasan plastik sekali pakai. Setidaknya hal ini menjadi solusi, karena Indonesia merupakan negara pencemar sampah plastik ke laut terbesar kedua di dunia setelah Cina yang tingkat pencemaran sampah plastik lautnya mencapai 1,23 – 3,53 juta ton per tahun.

banner