× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Alumni Universitas Indonesia Buka Donasi untuk Kebutuhan Penanganan COVID-19

By Redaksi
Ilustrasi Rapid Test dengan Pengambilan Darah. Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com

Wabah COVID-19 yang belum terlihat kapan berakhir, menjadi perhatian banyak pihak. Jumlah orang terpapar di Indonesia hingga Minggu (12/4/2020) tercatat 4.241 orang di mana 373 orang meninggal dunia dan 359 dinyatakan sembuh. Kondisi ini di sisi lain menimbulkan rasa solidaritas satu sama lain. Meluasnya wabah mematikan ini tak hanya berdampak pada kesehatan, tapi juga di sektor ekonomi. Alhasil, banyak inisiatif donasi yang muncul. Salah satunya dari segenap alumni Universitas Indonesia.

Alumni dari salah satu universitas terbesar di Indonesia ini, akan membuat gerakan donasi. Hal ini dikatakan Ketua ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI), Andre Rahadian. Menurut Andre, donasi untuk penanganan COVID-19 ini dilakukan sampai pemerintah mencabut masa darurat  bencana.

Hasil pengumpulan donasi akan mendukung program pengadaan sejumlah barang.  Di dalamnya, ada sederet program penanganan Covid-19 yang dananya bersumber dari donasi tadi. “Bantuan tersebut berupa penyediaan APD (alat pelindung diri), hand sanitizer, dan disinfektan lingkungan, juga paket logistik untuk relawan dan masyarakat,” kata Andre melalui keterangan tertulisnya.

Selain itu donasi akan digunakan untuk konsumsi di Asrama Mahasiswa UI, pengadaan bilik disinfektan sinar ultraviolet, wastafel portabel, dan juga pembuatan kaus kampanye “Jaga Jarak” yang keuntungannya kembali didonasikan untuk program Tanggap COVID-19.    

Selain, donasi untuk pengadaan barang, Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) dan Iluni tengah mengembangkan aplikasi baru yang bakal dinamai SIGAP. Aplikasi ini akan memfasilitasi ketercukupan alat kesehatan terutama alat pelindung diri (APD).  SIGAP akan menyampaikan informasi terkait kebutuhan rumah sakit, ketersediaan stok barang di supplier, sekaligus kontak rumah sakit dan distributor APD.

“Harapannya, dengan aplikasi ini, masyarakat atau institusi yang mau menyumbang APD dan kebutuhan alat kesehatan lainnya dapat mengetahui rumah sakit mana yang membutuhkan dan berapa kebutuhannya, sekaligus juga mengetahui supplier mana yang bisa menyediakannya,” jelas Andre.

Iluni UI mengundang para alumni UI, masyarakat, maupun perusahaan untuk menyalurkan donasinya melalui Nomor Rekening 2025806665 ILUNI UI-Bank BNI Cabang UI Depok atau ke Nomor Rekening 070 0000202585 ILUNI UI-Bank Mandiri KC Jakarta Plaza Mandiri.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]