× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Alternatif Mendapatkan Gas Bumi Sebagai Energi Baik

By Redaksi
Dok. BUMN.go.id

Bogor – Majalahcsr. Ramah lingkungan, menekan efek rumah kaca, lebih ringan dikantong, namun tetap bisa diandalkan. Hal yang disebutkan adalah ciri-ciri dari energi baik, yaitu gas bumi.

Gas bumi seperti yang sudah diketahui berasal langsung dari perut bumi dan dialirkan melalui pipa transmisi untuk bisa digunakan oleh pelaku industri. Pertanyaannya, bagaimana jika tidak ada pipa transmisi disekitar tapi membutuhkan gas bumi sebagai energi?

Satu-satunya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sudah melantai di bursa, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS) konsisten untuk berperan serta mewujudkan kemajuan ekonomi nasional. Salah satu caranya dengan memastikan industri dalam negeri merasakan manfaat dari gas bumi sebagai energi baik.

Tidak terpatok pada pipa transmisi, PGN mempunyai aneka ragam penyaluran gas. Misalnya pemanfaatan gas dengan metode lain seperti CNG (Compressed Natural Gas).

Dok. Tribunnews.com

Hal ini dimaksudkan agar para pelaku industri menengah dan menengah ke bawah seperti restoran dan hotel tetap bisa menikmati gas. “Meskipun tidak ada sambungan ke jaringan pipa gas karena ada dalam bentuk CNG yang diantar ke pelanggan dengan kendaraan khusus,” jelas Division Head of Corporate Communication PGN, Desy Anggia (11/11).

Bahkan PGN juga memperluas manfaat gas dengan menyasar penyaluran gas untuk UMKM dengan konsep food truck. Food Truck ini dilengkapi dengan pengering, kompor, pendingin ruangan, dan generator listrik yang berbahan bakar gas bumi.

Lainnya, pemanfaatan gas bumi dalam bentuk CNG juga disalurkan untuk transportasi atau disebut GasKu, yaitu layanan penyaluran gas bumi untuk transportasi dengan menggunakan converter kit. Usaha untuk mengelola dan memanfaatkan energy secara efektif dan efisien ini merupakan program Smart Energy dari PGN.

Smart Energy merupakan salah satu program dari tema besar layanan PGN yaitu PGN 360 degree Integrated Solution. Tema besar layanan PGN ini mengusung konsep pemberian solusi terintegrasi untuk memberikan layanan yang menyeluruh  dan mengerti Pelanggan, dengan segala keunikan dan kemampuan PGN.

Dalam PGN 360 Degree Integrated Solution, PGN memberikan layanan penggunaan gas bumi dari hulu hingga hilir. Seperti, menyediakan gas bumi melalui anak usaha Saka Energi, menyediakan gas bumi dalam bentuk gas alam cair (LNG), CNG sampai melalui jaringan pipa gas bumi yang tersebar di 19 kabupaten/kota di 12 provinsi.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]