× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Allium Tangerang, Hotel Berkonsep Unik Peraih Green Hotel Award

By Redaksi

Allium Tangerang, adalah hotel bintang 4 yang terdiri dari 10 lantai yang terdiri dari 157 kamar. Allium menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mengakomodasi tamu bisnis maupun leisure. Tidak hanya desain eksterior dan interior yang unik karya Ridwan Kamil, hotel yang berlokasi di jalan Benteng Betawi ini juga berwawasan lingkungan. Karena komitmennya ini, Allium Tangerang juga menerima piagam penghargaan Green Hotel Award 2018 dari Dinas Pariwisata Provinsi Banten. General manager Allium Tangerang, Doddy Pribadi hadir acara penyerahan piagam bulan Februari 2019 lalu di Pandeglang, Banten. Piagam ini diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata RI, yaitu Arif Yahya.

Seperti banyak gedung bertingkat lain, hotel juga merupakan pengguna energi yang besar. Untuk mengurangi penggunaan energi dan juga mendukung kelestarian lingkungan, Allium Tangerang memiliki beberapa eco-friendly program. Allium Tangerag memiliki Saving Energy Team yang sudah berhasil menurunkan lebih dari 20% penggunaan energi dari tahun sebelumnya. Selain pembentukan tim khusus, di setiap kamar hotel juga disediakan pesan ramah lingkungan untuk memotivasi tamu berpartisipasi dalam penghematan energy yaitu dengan menggunakan kembali linen atau handuk yang ada. Tidak hanya itu, Allium juga memiliki area khusus yang digunakan sebagai taman aeroponik dan hidroponik. Pada bulan Maret 2019, Allium Tangerang juga memulai program ramah lingkungan baru bernama Future-friendly Campaign. Program ini terdiri dari pengurangan penggunaan sedotan plastik, paperless billing, dan penggunaan botol kaca sebagai pengganti botol plastik untuk semua jenis kegiatan meeting dan event lainya.

Pihak hotel mengakui, bahwa program ini bukanlah hal yang mudah. Selain untuk beradaptasi terhadap penggurangan energi, mengedukasi tamu untuk turut serta juga memiliki tantangannya tersendiri. Namun ini tidak menghentikan niat Allium Tangerang untuk terus berinovasi dalam berbagai program ramah lingkungan lainnya. Allium bahkan sudah berencana turut dalam kegiatan WWF, yaitu Earth Hour 2019.  Sebuah kegiatan tahunan untuk hemat energi. Yaitu menghentikan pemakaian energi serentak selama 1 jam pada 30 Maret 2019. Kegiatan ini juga akan melibatkan tamu dan karyawan hotel.

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]