× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Aksi Cermat, Donasi Tepat untuk Indonesia Sehat

By Redaksi

Dengan luas wilayah mencapai 5.455.675 km2 Indonesia merupakan negara dengan penduduk terbanyak di Asia Tenggara. Bappenas di tahun 2013 memproyeksikan, jumlah penduduk Indonesia mencapai 265 juta, dimana 133,17 juta adalah penduduk laki-laki dan  131,88 juta perempuan. Sementara BPS mencatat, laju pertumbuhan penduduk selama kurun 2010 – 2015 ada di angka 1,43 persen.

Percepatan jumlah penduduk tersebut ternyata tak diimbangi dengan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan fasilitas kesehatan. Akses kesehatan belum sepenuhnya merata dirasakan oleh masyarakat. Alasan yang paling umum muncul adalah soal kendala biaya. Selain biaya, sikap masyarakat di Indonesia yang kebanyakan menyepelekan pentingnya hidup sehat, turut menyumbang persoalan kesehatan di tanah air. Masyarakat cenderung lebih mementingkan alokasi kebutuhan lain seperti rokok, pulsa dan internet daripada menabung untuk persiapan biaya kesehatan.

Data World Health Organization (WHO) dan World Bank pada 2017 menyebutkan, kira-kira 12 juta penduduk Indonesia didiagnosis berpenyakit kritis. Lalu mundur pada tahun 2008, ada sekitar 36,1 juta orang meninggal karena penyakit kritis. Dengan realitas tersebut, bisa diprekdisikan bahwa karena tak ada biaya, cukup banyak penduduk Indonesia yang tidak berobat dengan tuntas, atau memperoleh layanan dan pengobatan yang layak di rumah sakit. Terlebih bagi mereka yang belum mendapat fasilitas sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Peduli Sehat hadir sebagai wadah untuk menyalurkan donasi secara online bagi pasien-pasien tak mampu yang juga tak ditanggung oleh BPJS dan JKN. Platform layanan penggalangan dana kesehatan dilakukan melalui internet, difokuskan pada pasien penderita penyakit kronis, yang tak punya cukup dana untuk perawatan, berobat, juga bertahan hidup. Platform Peduli Sehat terdiri dari situs resmi www.pedulisehat.id dan aplikasi yang dapat diunduh di smartphone melalui Google Play Store (khusus Android). Para donatur dapat melakukan donasi mulai nominal Rp. 10.000,00.

(Foto: ilustrasi)

“Yang minum obat setiap hari itu tidak hanya kamu. Yang sakit diabetes juga minum obat. Yang hipertensi juga rajin minum obat.” Itulah kata-kata yang Tice sampaikan kepada Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ia dampingi agar mau rajin terapi dan minum obat. Tice adalah seorang ibu rumah tangga yang berkomitmen menjadi pendamping ODGJ, bukan perawat […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]