banner
Berita

Akses Pendidikan Untuk yang Terpinggirkan

942 views

Jakarta – MajalahCSR. Pendidikan menjadi hal penting bagi masyarakat untuk membantu meningkatkan pengetahuan serta taraf hidupnya. Pendidikan biasanya terbatas didaerah perkotaan dengan biaya yang cukup besar, sedangkan daerah pedalaman atau sedang mekar menjadi terpinggirkan.

Sesuai dengan amanat Undang-undang, perusahaan harus membangun pabrik pengolahan diwilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP). Tujuannya agar masyarakat sekitar tidak hanya merasakan kekayaan tanahnya diambil begitu saja, tetapi ada timbal balik dengan memeratakan pembangunan.

PT ANTAM Tbk (IDX:ANTM) yang mempunyai proyek pembangunan Pabrik Feronikel Haltim berusaha meningkatkan pendidikan yang ada didaerah tersebut. Caranya dengan pemberian beasiswa bagi S1, S2 dan S3.

Mahasiswa utusan daerah dipilih untuk mendapatkan beasiswa. Untuk tingkat S2 dan S3, saat ini sedang dilakukan peningkatan kemampuan bahasa inggris (Test Of English as a Foreign Language / TOEFL) di Pare, Kediri. Untuk penerima beasiswa tingkat S1 sudah ada yang lulus dan kembali ke Halmahera Timur, namun begitu, ANTAM tidak mengharuskan mereka untuk bekerja di ANTAM.

“Kami menjalin  kerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk menjaring bibit unggul atas rekomendasi Gubernur. Saat ini kita upgrading TOEFL di Kediri yaitu kampung Pare,” ujar Ir. I Made Surata, M.Si Direktur Human Capital dan Corporate Social Responsibility kepada majalahcsr.id rabu (21/12).

Selain memberikan beasiswa, ANTAM yang juga memperoleh penghargaan Runner Up 2 Sustainability Reporting Awards 2016 juga mengembangkan School Development Programme (SLDP). Peran ANTAM disitu adalah membenahi manajemen sekolah tersebut dan meningkatkan ketrampilan guru dengan kursus.

banner