× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Airo, Mobil Listrik Masa Depan yang Mampu Serap Polusi

By Redaksi
Interior Mobil Listrik Masa Depan, Airo, yang Diubah jadi ruang Makan. Foto : dezeen.com

MajalahCSR.id – Perusahaan desain asal London, Heatherwick Studio memperkenalkan konsep mobil listrik di pameran otomotif, yang tak sekedar ramah lingkungan, melainkan juga menyerap polusi dari mobil lain.  

Mobil konsep ini sempat diperlihatkan di ajang Shanghai Motor Show pada 19 April lalu. Diberi nama Airo, mobil ini diproduksi oleh perusahaan otomotif China, IM Motors, sementara desainnya digarap oleh Heatherwick Studio.

Mengutip Dezeen, mobil listrik ini bakal dilengkapi oleh HEPA (high efficiency particulate air), sebuah sistem penyaringan udara yang secara aktif akan membersihkan polusi. Selain itu, Airo juga memiliki fitur kontrol mengendara otomatis atau manual dengan memakai sopir.  

“Airo adalah contoh lain dari mobil listrik yang tak menyebabkan polusi,” kata Thomas Heatherwick, pendiri Heatherwick Studio. “Dengan memakai teknologi penyaringan HEPA terbaru, teknologi AIro lebih maju karena mampu menyerap polusi dari mobil lain selama berkendara.”

Masuk ke dalam interior, mobil ini memiliki desain fleksibel dengan kursi putar sehingga mampu menyesuaikan dengan peruntukkan ruang. Bila kursi berhadapan, sebuah meja lipat di tengah “kokpit” bisa dimunculkan sehingga mendukung aktivitas “dining”. Menonton film atau bermain game pun bisa dilakukan dengan menambahkan layar digital atau display.

Jadi ruang tidur pun bisa. Tinggal melandaikan masing-masing dua kursi kanan kiri dengan kursi belakang. Jadilah tempat tidur “double bed”.

The car’s interior can also be turned into a bedroom as the contoured seats fully recline to create a double bed. Dalam mode ini, langit dan pintu mobil yang tembus pandang dapat menjadi buram dengan bantuan teknologi lensa tercanggih.

“Kami mendesain Airo secara simultan untuk memenuhi kebutuhan ruang yang makin kecil. Selain alat transportasi, Airo juga memiliki fitur ruang multifungsi mulai dari kebutuhan ruang makan, ruang kerja, bermain game, bahkan untuk istirahat,” terang Heatherwick. Dengan fiturnya itu, lanjut Heatherwick, Airo memang diciptakan untuk alat transportasi manusia yang mengacu pada masa depan yang lebih baik dan bersih.  

Heatherwick Studio dan IM Motors mulai memproduksi mobil konsep ini pada 2023. Selain mobil, Heatherwick Studio juga mengkreasikan stasiun pengisian bahan bakar listrik khusus untuk Airo. Belum ada informasi terkait perkiraan harga mobil pintar ini.

Redaksi

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]