× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Ahli Siasat Perang, Nyi Ageng Serang

By Redaksi
Dok Detik

Jakarta – Majalahcsr. Siapa yang mengetahui sosok Nyi Ageng Serang? Mungkin hanya segelintir orang yang mendengar namanya. Namun sosok wanita ini merupakan seorang pahlawan nasional yang juga menjadi ahli siasat perang Pangeran Diponegoro.

Nyi Ageng Serang yang bernama asli Raden Ajeng Kustiyah Wulaningsih Retno Edi ini sejak kecil sudah akrab dengan dunia perang, ikut mengusir penjajah Belanda. Mengikuti sosok sang ayah, Pangeran Natapraja yang menguasai wilayah terpencil kerajaan Mataram, tepatnya di Serang yang sekarang menjadi wilayah perbatasan Grobogan – Sragen.

Dok Detik

Dok. Picbear

Wanita kelahiran Serang, Purwodadi Jawa Tengah pada tahun 1752 ini menggantikan kedudukan ayahnya saat beliau wafat. Seperti yang dilansir oleh Wikipedia.com, bahkan Nyi Ageng Serang adalah salah satu keturunan Sunan Kalijaga, dan mempunyai keturunan seorang Pahlawan nasional yaitu Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hajar Dewantara.

Ia dimakamkan di Kalibawang, Kulon Progo. Ia pahlawan nasional yang hampir terlupakan, mungkin karena namanya tak sepopuler R.A. Kartini atau Cut Nyak Dhien tetapi ia sangat berjasa bagi negeri ini.Warga Kulon Progo mengabadikan monumennya di tengah kota Wates berupa patungnya yang sedang menaiki kuda dengan gagah berani membawa tombak.

 

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]