banner
Deforestasi Menjadi Salah Satu Contoh Ecocide. Foto : AFP - Bangkok Post
Berita

Ahli Hukum Rumuskan Definisi “Ecocide” Demi Melindungi Bumi

549 views

MajalahCSR.id – Melakukan aksi merusak lingkungan tak lama lagi akan dikategorikan kejahatan internasional. Hal ini bisa dilakukan setelah draft (rancangan) baru tentang definisi kejahatan lingkungan diterapkan. Rancangan definisi tengah digodok oleh para ahli hukum lingkungan dari seluruh dunia di bawah Stop Ecocide Foundation. Diharapkan hasil dari bisa menjadi rujukan untuk Mahkamah Pidana Internasional (International Criminal Court /ICC) dalam memerangi pelaku kejahatan lingkungan.    

Proposal rancangan diluncurkan pada Selasa (22/6/2021) pekan lalu. Para ahli mendefinisikan ecocide sebagai “perbuatan melanggar hukum atau aksi jahat dengan pengetahuan yang kemungkinan menyebabkan kerusakkan parah secara meluas atau dalam waktu lama terhadap lingkungan”.  

Melansir  The Guardian, definisi baru tersebut merupakan inisiatif dari Stop Ecocide Foundation. Ide ini muncul karena kepedulian saja dirasa tak cukup untuk menangkal krisis iklim. Tujuan dari rancangan ini agar dapat diterapkan di negara-negara anggota International Criminal Court (ICC), termasuk mendorong para anggota tersebut untuk melindungi negaranya dari kerusakkan alam.

Jika akhirnya diterapkan, ecocide menjadi elemen pelanggaran kelima yang bisa diproses secara hukum internasional setelah kejahatan kemanusiaan, kejahatan perang, genosida, dan kejahatan agresi.

“Empat elemen kejahatan seluruhnya fokus pada keamanan dan kemanusiaan. Yang terbaru adalah hal baru yang di luar pendekatan antropologi sentris, dengan meletakkan kepentingan lingkungan di jantung hukum internasional. Hal ini sangat baru dan inovatif,” cetus Philippe Sands QC, professor dari University College London dan juga salah satu penanggung jawab panel untuk perumusan definisi.

Sebagai contoh, ecocide bisa berarti membunuh hewan yang dilindungi, tertumpahnya minyak dalam volume besar, insiden nuklir, dan deforestasi hutan Amazon. Poin-poin tersebut hanya sebagian contoh dari pelanggaran atau kejahatan lingkungan lain.  

“Lingkungan di bumi sedang terancam oleh kerusakkan yang sangat serius, yang berujung ancaman pada kehidupan termasuk manusia di dalamnya. Definisi ini membantu untuk mendorong pentingnya jaminan keamanan planet ini dalam skala internasional,” kata Dior Fall Snow, salah seorang penyusun rancangan dan ahli hukum di PBB kepada The Guardian.

banner