× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

AFPI Turut Membantu Pengadaan Alat Pelindung Diri untuk Rumah Sakit

By Redaksi
Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) Berikan Bantuan Alat Pelindung Diri (APD) Kepada Tenaga Medis di Rumah Sakit. Foto : Istimewa

Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) melalui sejumlah anggotanya turut peduli terhadap penanganan dampak virus corona (Covid-19) di Indonesia. Bentuk kepedulian ini dilakukan dengan memberi donasi ratusan paket Alat Pelindung Diri (APD). Penyalurannya APD dari AFPI ini bekerjasama dengan Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Kepala Bidang Humas dan Kelembagaan AFPI, TumburPardede menyebut, inisiatif yang dilakukan AFPI dan anggotanya merupakan wujud dukungan khususnya terhadap para tim medis sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi corona di Indonesia. Untuk tahap pertama donasi APD dari 50 anggota AFPI yang berpartisipasi sejumlah 185 paket senilai total lebih dari Rp 300 juta, lalu akan berlanjut pada tahap kedua dan ketiga.  

“Pandemi corona ini perlu kita perangi secara bersama. AFPI dan para anggota penyelenggara Fintech P2P Lending di Indonesia, terdorong untuk menyerahkan donasi dan diharapkan bermanfaat bagi para tenaga medis untuk pemulihan kesehatan para pasien Covid-19,” ujar Tumbur di Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Tumbur melanjutkan, dalam pelaksanaannya, donasi APD dari AFPI untuk tahap pertama ini akan disumbangkan melalui Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk distribusikan ke sejumlah rumah sakit demi membantu penanganan Covid-19. Bantuan ini diantaranya:

  • 100 paket APD untuk Dompet Dhuafa terdiri dari Masker N-95, Disposable Wearpack, Goggle, Gloves, dan Sepatu Boots dengan tujuan distribusi ke enam (6) Rumah Sakit (RS), yakni RSUP Persahabatan, Wisma Atlet Kemayoran, RSUD Kota Bogor, RS Graha Permata Ibu Depok, RS Santo Antonio Baturaja, dan RSUD Duren Sawit.
  • 55 paket APD untuk Rumah Zakat terdiri dari Coverall, Chemical Resistance, Glove, Eye protection, dan Safety boots rubber dengan tujuan rumah sakit RS Hasan Sadikin, RS Al Islam Bandung, dan RSUD Cibabat Cimahi.
  • 30 paket APD kepada ACT yang terdiri dari helm Face Shield, Hazmat/Baju APD, Masker N95, Masker Bedah, dan surgical Cap/Hat dengan tujuan RS Husada Jakarta dan RS Patria IKKT Jakarta.

Dari 161 anggota AFPI, hingga kini ada 50 perusahaan yang sudah memberikan donasinya. Rata-rata setiap rumah sakit ada 5-6 perusahaan Fintech Peer to Peer (P2P) Lending yang berpartisipasi. Ke-50 platform tersebut yakni RupiahCepat, Dana Syariah, DanaRupiah, KlikACC, Monas, Amartha, Asakita, hingga platform kredit digital populer, Kredivo, dan lain-lain. Dari 50 anggota AFPI, RupiahCepat selalu berpartisipasi di seluruh Rumah Sakit.

Sementara Ketua Harian AFPI, Kuseryansyahmenyampaikan, penyaluran bantuan perlengkapan ADP ini diharapkan dapat mengurangi kesulitan para tenaga medis akan ketersediaan dan pengadaan alat-alat kesehatan yang diperlukan rumah sakit untuk menangani virus corona. Seperti diketahui, karena garda terdepan dalam penanganan pasien corona, tenaga medis inilah paling rentan terhadap paparan virus Covid-19.

Kuseryansyah menambahkan saat ini industri Fintech P2P Lending juga tengah menerapkan kebijakan mengurangi interaksi secara fisik (Physical Distancing)kepada para penyelenggara sesuai anjuran Pemerintah. Hal ini adalah langkah preventif terhadap penyebaran virus Covid-19. Meski begitu, para anggota tetap fokus memberikan layanan yang terbaik bagi para nasabah dan masyarakat.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]